Tutup Iklan

Perum Bulog dan Komisi IV DPR Kawal Kualitas Beras Bansos

Kita sudah cek langsung kondisinya di gudang Bulog tidak ada beras plastik dan tadi sudah dijelaskan oleh Direksi Bulog.

 Pimpinan Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi (kanan) saat melakukan kunjungan ke Perum Bulog, Subang, Jawa Barat. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Pimpinan Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi (kanan) saat melakukan kunjungan ke Perum Bulog, Subang, Jawa Barat. (Istimewa)

Solopos.com, SUBANG — Perum Bulog menerima kunjungan kerja Komisi IV DPR dalam masa reses I di Subang, Jawa Barat. Kunjungan itu untuk meninjau langsung kualitas beras untuk program Bansos 2020 dari Kemensos di wilayah tersebut.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum Bulog, Bachtiar yang ikut mendampingi dan menerima kunjungan kerja tersebut. Bachtiar menegaskan, Bulog terus memaksimalkan penyaluran program bansos beras kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pihaknya, lanjut Bachtiar, juga berkomitmen untuk memastikan kualitas dan kuantitas beras di pintu gudang Bulog di seluruh wilayah Indonesia. Untuk selanjutnya diserahkan kepada jasa pengangkut/transporter yang ditunjuk oleh Kementerian Sosial.

Jaga Ketahanan Pangan, TPID Solo dan Pedaringan Luncurkan Aplikasi Tumbasembako

“Kami sudah menyediakan stok beras sesuai kualitas yang ditentukan untuk program bansos beras ini. Sampai dengan 14 Oktober 2020, Perum Bulog telah menyalurkan beras bansos sebanyak 321.222 ton atau 71% dari pagu tiga alokasi. Memperhatikan realisasi tersebut, masih tersisa 128.778 ton untuk segera disalurkan. Untuk itu perlu percepatan penyaluran bansos beras pada sisa hari di bulan Oktober ini”, kata Bachtiar.

Biji Plastik

Pimpinan Komisi IV DPR, Dedi Mulyadi menjelaskan fokus kunjungan kerja kali ini ke Perum Bulog. Yakni fokus untuk meninjau langsung dan memastikan tidak ada penyelewengan dalam penyaluran bansos beras kepada KPM di Jabar. Apalagi, sebelumnya telah beredar berita tentang beras bansos yang tercampur biji plastik di wilayah Jabar. Kasus tersebut kini sedang di usut oleh kejaksaan negeri setempat.

UU Cipta Kerja Ompong? Ini Kata Menaker Ida Fauziyah!

“Kita sudah cek langsung kondisinya di gudang Bulog tidak ada beras plastik dan tadi sudah dijelaskan oleh Direksi Perum Bulog. Bahwa isu beras plastik dipastikan dilakukan oleh oknum yang terganggu karena penyaluran bansos ini menggunakanan beras Bulog bukan beras mereka. Kita juga mendorong kejaksaan bisa segera mengungkap oknum tersebut”, ujar Dedi.

Disamping itu tim monitoring dan evaluasi Bulog, lanjutnya, terus berkerjasama dengan kejaksaan negeri untuk mengusut laporan masyarakat terkait penemuan biji plastik dalam beras bansos. Perum Bulog secara tegas menyatakan beras yang tercampur dengan biji plastik bukan berasal dari Perum Bulog.

Keren! Begini Cara Dinas Kesehatan Boyolali Memastikan ASN Selalu Bugar

Lebih lanjut Dedi menjelaskan Perum Bulog harus didorong untuk terus bisa menyediakan stok beras berkualitas untuk program-program pemerintah sehingga stok Bulog ini bisa berputar dan bisa terus menyerap beras hasil panen petani.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Tak Main-Main! Anak Muda Punya Peran Besar Tentukan Arah Presidensi G20

Kesempatan memperkuat perannya dalam Presidensi G20 kian besar karena penduduk Indonesia didominasi usia produktif.

HM Sampoerna Realisasi Investasi Rp2,3 Triliun, Ini Pesan Menko Airlangga

Penerimaan cukai sepanjang tahun 2020 mencapai Rp205,68 triliun dengan proporsi terbesar Cukai Hasil Tembakau sebesar Rp170,24 triliun atau naik sebesar 3,24%.

Kontribusi MMKSI Bagi Perjalanan Hidup Anak Panti Asuhan Saat Pandemi

Mitsubishi Children Program (MCP) adalah salah satu pilar dari tiga pilar CSR MMKSI yang membawahi program sosial MMKSI untuk kesejahteraan anak-anak, khususnya yang berada di panti asuhan.

Lebih Ngirit dan Aman, Ini Lur Sederet Keunggulan Kompor Induksi

Tidak hanya memberi banyak manfaat bagi rumah tangga, penggunaan kompor induksi juga dampak positif kepada pengurangan impor LPG.

Kinerja BPR dan BPRS Tetap Cemerlang Meski Pandemi

Industri BPR dan BPRS semakin selektif dalam penyaluran kredit atau pembiayaan di tengah persepsi tingginya risiko kredit, seiring dampak pandemi Covid-19.

7 Cara Jitu Bertransaksi Digital Biar Gak Kena Serangan Siber

Saat ini masih banyak masyarakat belum memahami bahaya serangan digital terutama di kehidupan finansialnya, padahal mereka tidak tahu kapan akan menjadi target serangan siber.

Beban Multipel Generasi Sandwich Atur Keuangan di Masa Pandemi

Orang tua yang tidak memiliki perencanaan finansial yang baik untuk masa tuanya akan berpotensi besar untuk membuat sang anak menjadi generasi sandwich berikutnya.

Gak Menang Aja Dapat Hadiah, Yakin Tak Mau Ikut Lomba Astra Ini?

Yuk ikuti Lomba Foto Astra 2021 dengan beragam hadiah menarik. Tenang, yang enggak menang juga dapat hadiah kok!

Prospek Cerah Bank Digital di Tengah Gurihnya Pasar Milenial

Bank digital diprediksi bakal berkembang signifikan seiring dengan kemudahan masyarakat dalam mengakses teknologi, sebaliknya jumlah bank konvensional diprediksi akan semakin sedikit.

Rp262,95 Triliun KUR Tersalurkan ke 6.962.882 UMKM

Realisasi KUR yang telah diberikan kepada 6.962.882 debitur ialah KUR Super Mikro sebesar Rp9,71 triliun kepada 1.104.567 debitur, KUR Mikro sebesar Rp165,86 triliun kepada 5.410.536 debitur.

Harga Minyak Goreng Melejit, BKPN Minta Pemerintah Beri Insentif

Harga minyak goreng yang beredar saat ini jauh melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah.

Laksanakan Putusan MK, Menko Airlangga Jelaskan Implementasi UU Ciptaker

Dibentuk 4 KEK baru yang telah berjalan dengan komitmen investasi lebih kurang Rp90 trilun dan saat ini terdapat berbagai komitmen investasi baru.

Melemah di Sesi Awal, IHSG Ditutup Menguat 46,74 Poin Awal Pekan Ini

IHSG dibuka melemah bergerak fluktuatif pada sesi pertama perdagangan saham, lalu pada sesi kedua, IHSG masih terus berada di teritori positif hingga penutupan bursa saham.

Nggak Ribet, Begini Cara Top Up Saldo Gopay Kamu

Gopay bisa digunakan untuk melakukan transaksi semua layanan Gojek dan ratusan rekan usaha, hingga mengirim atau menerima uang.

Rencana Kenaikan TDL Tahun Depan Diprotes, Dinilai Terburu-Buru

Kenaikan TDL yang tiba-tiba akan menyebabkan keterlambatan upaya antisipasi untuk menanggulangi dampak dari kebijakan tersebut.

Sasar Pelajar dan Mahasiswa, AXIS Dukung Vaksinasi Covid-19 di Sumbar

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melanjutkan komitmennya mendukung upaya pemerintah melawan pandemi Covid-19 di Indonesia melalui program vaksinasi bagi kalangan anak muda, pelajar dan mahasiswa.