Pertumbuhan Ekspor dan Impor Jateng Sama-Sama Melambat

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Bank Indonesia mencatat pada triwulan I/2019, ekspor Jawa Tengah tumbuh 3,45% (yoy), lebih rendah dibanding pertumbuhan triwulan sebelumnya 7,12% (yoy). Sebaliknya, data BPS Jateng juga mencatat pertumbuhan impor provinsi ini juga menunjukkan trend melambat.

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI Jateng Rahmat Dwi Saputra mengatakan berdasarkan komoditas, pertumbuhan ekspor yang melambat berasal dari komoditas mebel dan kayu olahan, barang dari karet, bahan kimia, serta produk plastik. Sedangkan komoditas ekspor unggulan Jawa Tengah lainnya berupa tekstil dan produk tekstil serta alas kaki tumbuh lebih tinggi pada triwulan I/2019.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

“Dengan perlambatan ini, kontribusi ekspor luar negeri terhadap pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah mengalami penurunan,” kata Rahmat melalui keterangan resminya Rabu (8/5/2019).

Sebaliknya, impor Jawa Tengah juga menunjukkan perlambatan, yaitu dari 21,73% (yoy) pada triwulan IV 2018 menjadi 6,12% (yoy) pada triwulan I 2019. Berdasarkan rilis data ekspor impor Badan Pusat Statistik (BPS), perlambatan impor ini utamanya disebabkan kontraksi pada impor migas, sedangkan impor komoditas nonmigas masih tercatat tumbuh positif meski melambat.

Penurunan impor migas di triwulan I ditengarai dipengaruhi oleh kebijakan pembatasan impor yang dimulai sejak akhir tahun 2018, dalam rangka upaya perbaikan current account deficit. Sementara itu lanjut dia, perlambatan impor nonmigas tercatat di beberapa komoditas seperti makanan dan minuman, produk kimia, serta tekstil dan produk tekstil.

“Berdasarkan penggunaan, selama beberapa tahun terakhir struktur impor Jawa Tengah didominasi oleh impor bahan baku dengan pangsa lebih dari 50%, diikuti impor barang modal,” ujarnya.

Dia menjelaskan, triwulan l 2019, impor bahan baku dan impor barang konsumsi tercatat kontraksi, sementara impor barang modal masih tumbuh positif meskipun melambat. Sebagai komponen pengurang PDRB, perlambatan impor luar negeri berpengaruh positif terhadap laju pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah.

Kendati demikian, penurunan impor komoditas migas berdampak pada kegiatan industri yang memberikan nilai tambah lebih besar. Lebih Ianjut, hal tersebut juga menahan kinerja ekspor antardaerah, yang tercermin dari turunnya jumlah muat komoditas migas dari pelabuhan – pelabuhan di Jawa Tengah.

Sedangkan untuk, permintaan domestik terpantau masih cukup kuat, tercermin dari pertumbuhan komponen konsumsi rumah tangga, Iembaga nonprofit yang melayani rumah tangga (LNPRT), dan konsumsi pemerintah. “Pada triwulan I 2019, konsumsi rumah tangga terpantau tumbuh 4,79% (yoy), meningkat dari triwulan sebelumnya (4,71%; yoy). Peningkatan ini seiring dengan terkendalinya inflasi sehingga ekspektasi daya beli masyarakat tetap terjaga,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      + PLUS Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

      Berita Terkini

      Dugaan Korupsi Rp78 Triliun: Surya Darmadi akan Diperiksa Lagi Hari Ini

      Kejaksaan Agung akan melanjutkan pemeriksaan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi, pencucian uang, dan penguasaan lahan sawit, Surya Darmadi, pada Kamis (18/8/2022) pukul 10.00 WIB.

      Bergembira di Antara Karya Seni Rupa dan Barang Lawas

      Karya seni rupa—mayoritas lukisan—dipamerkan dan diperjualbelikan bersama barang-barang antik, unik, langka, dan klasik di Rumah Banjarsari, Jl. Syamsyurizal Nomor 10, Setabelan, Banjasari, Kota Solo, Jawa Tengah.

      Sejarah Hari Ini: 18 Agustus 1945, Soekarno Dilantik Jadi Presiden RI

      Berbagai peristiwa bersejarah dan penting dari tahun ke tahun terjadi pada 18 Agustus.

      Soal Aturan Tarif Ojol, Ini Respons Gojek

      Adanya masa tenggang perpanjangan selama 25 hari digunakan Gojek untuk persiapan dan sosialisasi kepada pengguna aplikasi termasuk mitra driver

      Univet Janjikan Kuliah Gratis untuk Mahasiswa Berprestasi, Berminat?

      Univet Bantara mendukung para atlet dalam berprestasi tanpa meninggalkan pendidikannya di Univet.

      Nasib Transportasi Umum, Masihkah Dibutuhkan Warga Sragen?

      Sejumlah warga Sragen memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum untuk mendukung aktivitas.

      10 Berita Terpopuler: Viral! Ojo Dibandingke & Upacara HUT ke-77 RI

      Ulasan tentang lagu Ojo Dibandingke ciptaan seniman Boyolali Agus Purwanto, Abah Lala, dan upacara HUT ke-77 RI pada Rabu (17/8/2022) menjadi berita terpopuler di Solopos.com, Kamis (18/8/2022).

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 18 Agustus 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Kamis (18/8/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Perhatian! Jalan Ini Ditutup saat Karnaval Serentak di Wonogiri

      Rekayasa jalan di kecamatan diserahkan kepada forum komunikasi pimpinan kecamatan (Forkompimcam) masing-masing.

      Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (18/8/2022): Banyak Film Baru yang Tayang

      Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Kamis, 18 Agustus 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?

      Sempat Anjlok, Ini Daftar Harga Emas Pegadaian Kamis 18 Agustus 2022

      Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Kamis (18/8/2022) hari ini untuk cetakan UBS maupun Antam terpantau stagnan atau tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan harga sebelumnya.

      Daftar Pembalap Tersukses di GP Austria, Khusus Kelas MotoGP

      Pada 2016 GP Austria kembali digeber, dan Sirkuit A1-Ring berubah nama menjadi Sirkuit Red Bull Ring. Sejak itu pula hingga saat ini GP Austria melombakan kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP.

      Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

      Mangkunegaran Berperan Penting dalam Perkeretaapian Indonesia

      Mangkunegaran berperan penting dalam sejarah perkeretaapian Indonesia. Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Purwosari di Kota Solo, Jawa Tengah, dibangun oleh penguasa Mangkunegaran.

      Prediksi IHSG Terbelah, Cek Rekomendasi Saham Hari Ini

      Prediksi sejumlah analis terbelah terkait pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melanjutkan penguatan Kamis (18/8/2022) hari ini.

      Kantinku Sehat, Jiwaku Kuat

      Yang perlu ditekankan adalah konsumsi jajanan yang bergizi, sehat, dan higienis akan menciptakan anak-anak, generasi masa depan bangsa yang kuat dan hebat.