PERTUMBUHAN EKONOMI : Ekonomi Labil, Perusahaan Besar Paling Terpengaruh

PERTUMBUHAN EKONOMI : Ekonomi Labil, Perusahaan Besar Paling Terpengaruh

SOLOPOS.COM - Ilustrasi investasi (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Pertumbuhan ekonomi sangat berpengaruh terhadap kondisi perusahaan besar terutama saat kondisi prekonomian labil

 

Solopos.com, SEMARANG - Kondisi perekonomian saat ini memengaruhi pertumbuhan pasar modal di Indonesia, kata Kepala Divisi Manajemen Informasi dan Pengembangan Emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) Saptono Adi Junarso.

"Salah satu yang terpengaruh secara langsung oleh pertumbuhan ekonomi ini adalah kondisi perusahaan-perusahaan skala besar," katanya di Semarang seperti dikutip Antara, Kamis (7/5/2015).

Menurutnya, perusahaan skala besar yang sebetulnya sudah bersiap untuk melakukan IPO (Initial Public Offering) atau menjual sebagian saham mereka ke masyarakat luas berpotensi menunda rencana tersebut akibat dari labilnya kondisi ekonomi Indonesia.

Meski demikian, pihaknya berharap kondisi tersebut tidak bertahan lama mengingat aktivitas pemerintahan terus berjalan salah satunya pembangunan infrastruktur sehingga harus dimanfaatkan oleh para investor. Dengan adanya pelaksanaan pembangunan infrastruktur tersebut, maka saham infrastruktur juga akan diminati oleh para investor.

"Sejauh ini saham di bidang infrastruktur memang diminati, apalagi jika perusahaan tersebut merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun anak perusahaan BUMN. Inilah yang paling diminati oleh para investor," katanya.

Sementara itu, hingga saat ini sudah ada 32 emiten baru yang tercatat di perdagangan pasar modal. Selanjutnya, ada emiten yang pada bulan April lalu melakukan IPO, sedangkan ada satu lagi perusahaan yang relisting menuju IPO.

"Bisa jadi untuk perusahaan lain masih ragu dalam melakukan go public. Tapi ada juga yang berpikir kalau IPO ditunda maka tidak jelas akan sampai kapan," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balikĀ  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).

Overload! Perahu Wisata yang Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali Maksimal Angkut 12 Penumpang

Perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021) kelebihan muatan karena maksimal mengangkut 12 penumpang.

Penting! Lakukan Ini Jika Alami Musibah Kapal Tenggelam

Ada sejumlah hal dilakukan saat alami musibah kapal tenggelam.

Transpuan Hollywood Ini Pernah Sambangi Magelang

Sosok yang pernah menjadi ayah tiri dari selebriti penuh sensasi, Kim Kadarshian, ini pernah menyambangi Magelang.