SOLOPOS.COM - SMKN 4 Solo - Ilustrasi (smkn4solo.sch.id)

SMKN 4 Solo - Ilustrasi (smkn4solo.sch.id)

SMKN 4 Solo – Ilustrasi (smkn4solo.sch.id)

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 10 siswa Eugen Schmalenbach Berufkskoleg Jerman akan belajar di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Solo, selama 18 hari, dimulai pada Kamis (2/10/2014). Para siswa asal Jerman itu akan bergabung di kelas khusus yang dibuka oleh SMKN 4 Solo.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Wakil Kepala SMKN 4 bidang Humas, Hendrina Widyastuti, mengatakan ini merupakan bentuk penerapan kesepakatan yang telah terjalin lama dari 2011. Menurut dia, dari 2011 SMKN 4 Solo sudah mulai menjajaki dengan satu lembaga kerja sama JAZ. “Baru pada 2014 kami bisa merealisasikan pertukaran pelajar ini,” kata dia saat dijumpai Espos, Rabu (1/10/2014).

Sebanyak 10 siswa tersebut akan belajar bersama dengan satu siswa asal Meksiko yang juga mengikuti program pertukaran pelajar dan 19 siswa lain dari SMKN 4 Solo. Sebanyak 19 siswa SMKN 4 Solo yang mengikuti ini juga melalui tahap seleksi. Menurut dia, 19 siswa tersebut diambil dari kelas reguler jurusan boga dan busana. Dia mengatakan hanya diambil dari dua jurusan tersebut karena siswa yang hadir dari jurusan yang sama.

Tidak hanya siswa yang belajar di SMKN 4 Solo, Hendrina menerangkan ada dua guru dari Eugen Schmalenbach Berufkskoleg Jerman. “Jika siswa belajar bersama, gurunya juga mengajar bersama,” terang dia. Nantinya, lanjut Hendrina, selama 18 hari siswa melaksanakan kegiatan belajar berupa praktik memasak atau menjahit. Selain itu juga ada pemasaran. “Siswa akan menjual ke jalan-jalan, seperti yang biasa dilakukan oleh siswa kami,” kata dia.
Sementara untuk tempat tinggal, siswa dan guru asal Jerman tersebut menurut dia akan tinggal di home stay atau bertempat di orang tua asuh yang juga wali murid siswa SMKN 4 Solo. Ke depan, selain menerima siswa dan guru dari Eugen Schmalenbach Berufkskoleg Jerman, SMKN 4 Solo juga akan mengirimkan siswa dan guru ke Jerman pada Juni 2015. “Ini merupakan awal dari kerja sama dengan Jerman, nantinya akan ada bentuk kerja sama lainnya,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya