Tutup Iklan

Pertengahan Agustus Rusun Giripeni Jadi Tempat Isolasi Terpusat

Rusun Giripeni di Gunung Gempal akan dibuka sebagai tempat isolasi terpusat pasien Covid-19 di Kulonprogo pertengahan Agustus mendatang.

 Rusun Giripeni, Kulonprogo. (Harianjogja.com)

SOLOPOS.COM - Rusun Giripeni, Kulonprogo. (Harianjogja.com)

Solopos.com, KULONPROGO — Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo menyatakan rencana pembukaan Rusun Giripeni di Pedukuhan Gunung Gempal, Kalurahan (Kelurahan) Giripeni, Kapanewon Kecamatan Wates, Kulonprogo sebagai tempat isolasi terpusat bagi pasien positif Covid-19 pada pertengahan Agustus 2021 mendatang.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo Fajar Gegana mengatakan saat ini jawatannya tengah fokus mengkaji anggaran yang dibutuhkan untuk menangani pasien positif Covid-19 yang akan isolasi mandiri di rusun tersebut.

“Kami sedang mengoptimalkan pengkajian soal berapa kebutuhan penanganan pasien positif Covid-19 yang sedang isolasi mandiri di Rusun Giripeni. Total anggarannya belum bisa kita sampaikan karena pembahasannya belum final,” kata Fajar pada Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Banyak Diserbu, Apotek di Kulonprogo Kehabisan Stok Multivitamin

Kajian soal kebutuhan anggaran penanganan pasien positif Covid-19 di Rusun Giripeni dilakukan oleh Pemkab Kulonprogo dengan sejumlah instansi.

“Anggaran itu nantinya digunakan untuk membeli alat-alat kesehatan (Alkes) dan rekrutmen relawan. Manajemen pengelolaan di rusun itu nantinya secara terpadu melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulonprogo, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo, TNI dan Polri,” kata Fajar.

Nantinya yang diisolasi di Rusun Giripeni adalah warga yang terpapar Covid-19 dengan gejala ringan sampai dengan sedang. Terlebih, angka isolasi mandiri di kabupaten Kulonprogo juga masih cukup tinggi.

“Berdasarkan catatan dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, angka isolasi mandiri per Kamis (29/7/2021) mencapai 5.135 orang. Penempatan pasien positif Covid-19 di Rusun Giripeni mengantisipasi penularan di lingkungan keluarga,” kata Fajar.

Baca juga: Dihantam Habis Corona Plus PPKM, Paguyuban Pedagang Malioboro Kibarkan Bendera Putih

Isoman di Rusun Giripeni

Difungsikannya rusun ini sebagai tempat isolasi terpusat menjadi angin segar baik oleh tenaga kesehatan maupun masyarakat. Dikarenakan, Kulonprogo belum memiliki selter terpadu bagi warganya yang terpapar Covid-19.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengatakan Rusun Giripeni sebagai isolasi terpusat akan disupervisi langsung oleh sejumlah nakes. Tidak hanya nakes, kebutuhan logistik juga akan disuplai oleh Dinas Sosial Kulonprogo.

“Gugus Tugas akan melakukan pendataan terlebih dahulu pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah. Nanti akan kita verifikasi siapa yang boleh isoman di rumah dan siapa yang harus menjalani isolasi mandiri di sini (Rusun Giripeni),” kata Sutedjo.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Terungkap! Pabrik Pil Koplo di Yogya Sudah Beroperasi Sejak 2018

Aparat polisi menggerebek dua pabrik pembuatan obat-obatan psikotropika atau pil koplo yang telah beroperasi sejak 2018 di wilayah Yogyakarta.

2 Pabrik Pil Koplo di Yogya Digerebek, Produksi 2 Juta Pil Per Hari

Aparat kepolisian mengungkap kasus peredaran pil koplo di Yogyakarta, di mana terdapat dua pabrik yang memproduksi dengan kapasitas 2 juta pil per hari.

Pengacara Terdakwa Satai Beracun Minta Nani Dibebaskan

Pengacara terdakwa sate beracun, Nani Apriliani Nurjaman, menyebut pasal yang didakwakan JPU dinilai kabur dan tidak sesuai.

Litto Kantongi Surat Kesesuaian Tata Ruang, Begini Sikap DPRD Bantul

DPRD Bantul akan meminta kejelasan dan duduk perkara, terkait berdirinya hotel dan restoran Little Tokyo di RT 5 Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul, yang diduga belum mengantongi izin.

Jangan Sampai Terlambat Jadi Peserta BPJS Kesehatan, Ini Alasannya

BPJS Kesehatan ini bisa digunakan untuk berobat, baik rawat jalan maupun rawat inap di fasilitas kesehatan oleh peserta.

JPU Tuntut Terdakwa Klitih Kotagede Jogja, Penjara 1 Tahun 7 Bulan 

JPU menilai terdakwa KAP dinyatakan bersalah melakukan klitih hingga mengakibatkan korban KS, 16, mengalami luka berat.

Awas! Batu Raksasa Jebol Rumah Warga di Prambanan Sleman

Peristiwa batu raksasa yang menimpa rumah warga tersebut terjadi setelah hujan deras yang mengguyur Dusun Jali.

Pemkot Jogja Luncurkan Kampung Wisata Melayani Melalui Aplikasi

Pemkot Jogja terus berinovasi untuk memberikan kemudahan bagi wisawatan untuk berkunjung ke Kota Gudeg tersebut.

Terbebani Biaya Operasional, Gembira Loka Zoo Hanya Buka Akhir Pekan

Gembira Loka Zoo mulai pekan depan hanya buka pada Sabtu dan Minggu.

Dispar Sleman: Hoax 35 Objek Wisata di DIY Sudah Buka

Beredar kabar di media sosial terkait 35 destinasi wisata di wilayah DIY dan sekitarnya yang sudah beroperasi, Dinas Pariwisata Sleman menyebut itu kabar bohong atau hoax.

Gegara Dendam Pribadi, Pegawai Angkringan Pendopo Lawas Ditusuk

Seorang pegawai angkringan di Jogja jadi korban penusukan oleh warga yang diduga menaruh dendam. Pelaku kini sudah ditangkap.

Saluran Irigasi Peninggalan Belanda Jebol, Ini Nasib Lahan Pertanian di Kulonprogo

Saluran irigasi peninggalan Belanda yang jebol berada di Dusun Pantog Wetan, Banjaroyo, Kecamatan Kalibawang, Kulonprogo.

Musim Kemarau Basah, Sejumlah Wilayah Di Bantul Alami Kekeringan

Kendati demikian, kemarau yang masih sesekali hujan membuat dampak kekeringan tak seperti kemarau kering.

Razia Gabungan Di Rutan Wates, Petugas Temukan Benda Terlarang

Kepala Rutan Kelas II B Wates Deny Fajariyanto mengatakan razia gabungan dilakukan untuk meminimalisir terjadinya peredaran narkotika

Capaian Vaksinasi Di Bantul Dinilai Rendah, Ini Penjelasan Dinkes

Dinkes Bantul beralasan jika Bantul bukanlah pilot projek vaksinasi di DIY seperti Kota Jogja dan Sleman?.

Pengumuman! Pemkot Jogja akan Gelar Wayang Jogja Night Carnival, Catat Tanggalnya

Pemkot Jogja akan tetap menggelar Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) meski masih masa pandemi. WJNC akan digelar secara hibrid.