SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi berfoto selfie dengan PM Malcolm Turnbull dan PM Malcolm Turnbull dan Lucy Turnbull. (Instagram/@jokowi)

Pertemuan Presiden Jokowi-PM Turnbull membuka kerja sama yang lebih besar dalam pendidikan antara Australia dan Indonesia.

Solopos.com, JAKARTA — Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Australia berbuah sejumlah kesepakatan. Pascapertemuan dengan Perdana Menteri Malcolm Turnbull, keduanya menyatakan hubungan Indonesia dan Australia kian hangat.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Dalam pernyataan pers bersama di Kiribilli House, Sydney, Minggu (26/2/2017) siang, PM Turnbull menyatakan Australia merupakan tujuan populer bagi pelajar Indonesia yang ingin bersekolah di luar negeri. Begitu pula sebaliknya, Indonesia merupakan tujuan utama bagi anak muda Australia untuk belajar di bawah skema Colombo Plan.

Masih dalam bidang pendidikan, Presiden Jokowi secara khusus menggunakan kunjungannya kali ini untuk meningkatkan pengajaran bahasa Indonesia di Australia. “Saat ini tiga balai bahasa sudah ada di Perth, Canberra, dan Melbourne. Kita akan membuka di kota-kota lain dalam waktu dekat, karena saya dengar ada 160.000 pelajar Australia yang belajar bahasa Indonesia,” ujar Presiden melalui keterangan tertulis.

Pertemuan bilateral yang berlangsung kurang lebih selama satu jam itu juga menghasilkan beberapa kesepakatan di berbagai bidang. Di bidang kerja sama ekonomi, kedua negara sepakat untuk menyelesaikan proses IACEPA (Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement) di akhir tahun 2017 ini.

“Kita sepakat agar negosiasi IACEPA diharapkan dapat selesai tahun 2017,” kata Presiden Jokowi.

Di bidang perdagangan, Presiden Jokowi menekankan dan mengharapkan adanya pemghapusan biaya tarif dan non tarif untuk produk-produk Indonesia khususnya kertas dan minyak kelapa sawit. “Sementara itu di bidang politik, saya menyambut baik kerja sama di bidang pemberantasan terorisme dan trans-national organized crime,” ucap Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya