SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Solopos/dok)

Pertanan Wonogiri diganggu hama walang sangit.

Solopos.com, WONOGIRI – Hama walang sangit menyerang tanaman padi di tiga desa di Selogiri, Wonogiri. Tiga desa itu terdiri atas Jendi, Pule, dan Singodutan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Koordinator Petugas Pengamat Hama (PPH) Selogiri, Sugiarto, mengatakan serangan hama padi di Selogiri sering terjadi ketika musim tanam.

“Dari tiga desa itu serangan hama wereng paling parah terjadi di Desa Pule dan Desa Jendi,” ujar Sugiarto ketika ditemui di Wonogiri, Minggu (5/4/2015).

Dia mengatakan di awal kemunculan hama tersebut total sebanyak 23 hektare tanaman padi yang terkena serangan hama walang sangit. Kemudian serangan hama di Selogiri meluas menjadi 25 hektare.

Dia mengatakan tanaman padi yang terserang hama rata-rata berumur 65 hari sampai 75 hari.

“Pengamatan sangat penting dilakukan sebelum melakukan penyelamatan tanaman padi. Kami melihat serangan hama walang sangit sifatnya baru gejala sehingga padi bisa diselamatkan,” kata Sugiarto.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Dispertan TPH Wonogiri, Tri Luwarso, mengatakan sampai sekarang serangan hama tanaman padi di Wonogiri baru terjadi di Selogiri.

“Kalau ada laporan masuk kami langsung meminta mereka [PPH] terjun ke lapangan melakukan penyelamatan. Kami mengimbau kepada petani untuk melapor jika menemukan serangan hama,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya