SOLOPOS.COM - foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Gigih M. Hanafi)

Pertanian Wonogiri akan ditambah dengan dam. Pemkab berencana membangun di Pegunungan Muncar, Desa Ngroto.

Solopos.com, WONOGIRI Pemkab Wonogiri berencana membangun dam di Pegunungan Muncar, Desa Ngroto, Kecamatan Kismantoro. Dana yang dibutuhkan untuk membangun dam itu diperkirakan Rp6,6 miliar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pemkab Wonogiri meminta bantuan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng untuk merealisasikan pembangunan dam di daerah perbatasan Jateng dengan Jatim tersebut. Saat ini, proposal pembangunan Dam Muncar tinggal penyempurnaan sebelum dikirim ke Pemprov Jateng dan pemerintah pusat.

“Survei sudah tiga kali dilakukan. Hasilnya lokasinya layak dibangun dam,” kata Kepala Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral (PESDM) Wonogiri, Arso Utoro, saat ditemui Solopos.com di ruang kerjanya, Jumat (29/5/2015).

Dam Muncar akan mengairi lahan persawahan seluas 700 hektare (ha). Dengan kapasitas tersebut, semua lahan pertanian di Kecamatan Kismantoro, kecuali Desa Pucung dan Desa Lemahbang, akan terairi dari Dam Muncar.

“Jika dibuat semacam terowongan, air Dam Muncar bisa mengairi lahan persawahan di Kecamatan Purwantoro,” kata Arso.

Arso optimistis pembangunan dam terealisasi sesuai program Presiden Joko Widodo, yakni setiap tahun dibuat satu dam. Jika proposal pembangunan dam sudah disetujui pemerintah pusat, detail engineering design (DED) bisa dibuat pada 2016 atau 2017.

Kepala Seksi Bina Teknis (Kasi Bintek) Bidang Pengairan Dinas PESDM Wonogiri, Agus Sugiyanto, mengatakan genangan air dam itu akan berada di lahan milik Perum Perhutani sehingga proses pembebasan tanahnya bisa lebih cepat. “Kesimpulan hasil survei, lahan di Desa Ngroto sangat mugkin dibangun dam. Ketinggian bangunan dam tinggal menyesuaikan kebutuhan lahan yang akan diairi. Apalagi fungsi dam nantinya beraneka ragam seperti irigasi, pariwisata, pembangkit listrik, perikanan, dan sebagainya,” kata dia.

Penelusuran Solopos.com di situs kismantoro.or.id, Jumat (29/5/2015), tertulis pembangunan Dam Muncar di Desa Ngroto diharapkan menjadi solusi kemiskinan di kecamatan itu. Camat Kismantoro, Djoko Purwidyatmo, mengatakan pembangunan Dam Muncar sudah dua kali diusulkan di forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Kismantoro namun terealisasi.

“Jika Dam Muncar dibangun diharapkan mampu mengentaskan kemiskinan,” jelas dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya