SOLOPOS.COM - ilustrasi panen padi (JIBI/dok)

Pertanian Temanggung dengan sistem demplot menghasilkan 6,9 ton gabah.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG-Demo plot tanaman padi mekongga milik Koramil-10/Pringsurat Kodim 0706/Temanggung, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Kelompok Tani Sumber Hasil Temanggung menghasilkan 6,9 ton gabah per hektare.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hal tersebut berdasarkan pengubinan padi mekongga siap panen di Dusun Pangonan Desa Soropadan, Kecamatan Pringsurat,” kata Danramil-10/Pringsurat Kapten Inf Hartono di Temanggung, Rabu (21/10/2015) .

Danramil-10/Pringsurat Kapten Inf Hartono mengatakan pelaksanaan pengubinan demplot ini bertujuan untuk mengetahui hasil panen di bulan Oktober 2015.

“Walaupun musim kemarau panjang masih melanda wilayah kami, dengan metode Jajar Legowo 4-1 ternyata berdasarkan pengubinan ini bisa menghasilkan padi 6,9 ton per hektare,” katanya.

Ia menuturkan hasilnya di luar perkiraan, ternyata bisa maksimal.

“Saya berharap para petani bisa mencontoh demplot padi mikongga yang kami kelola bersama-sama guna mendukung swasembada pangan untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota kelompok tani,” katanya.

Ketua Kelompok Tani Sumber Hasil, Pramono menyatakan bangga dan senang dengan hasil percontohan demplot padi mikongga.

“Kami mengucapkan terima kasih berkat pendampingan PPL dan anggota TNI (Babinsa) Koramil-10/Pringsurat para anggota kelompok tani mau mengubah pola tanam dari ubinan ke jajar legawa yang hasilnya bisa maksimal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya