SOLOPOS.COM - Kepala Bidang (Kabid) Holtikultura Dinas Pertanian Sragen, Warjimin, menunjukkan jambu kristal yang ditanam di lahan percobaan miliknya di Kecamatan Masaran, Selasa (22/10/2013). (Ika Yuniati/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Pertanian Sragen menganggarkan dana sebesar Rp500 juta untuk pengembangan jambu kristal yang ditanam di delapan hektar area pertanian Kabupaten Sragen.
Kepala Dinas  Pertanian Kabupaten Sragen, Djoko Purwanto, Selasa (22/10/2013), mengatakan jambu kristal yang saat ini sedang diujicoba tanam di salah satu lahan pertanian di Masaran bakal dikembangkan di semua wilayah Kabupaten Sragen. Pengembangan jambu kristal tersebut dilakukan untuk meningkatan perekonomi masyarakat miskin di Sragen.
Kepala Bidang (Kabid) Hortikultura Dinas Pertanian Sragen, Warjimin, menambahkan, pengembangan jambu kristal dilakukan di 11 kecamatan di Sragen dengan target luasan sekitar delapan hektar. Dinas Pertanian Sragen menyiapkan anggaran dana sebesar Rp500 juta untuk penyediaan bibit serta pemupukan buah jambu kristal yang bakal disalurkan ke sejumlah petani di Sragen itu. Harapannya, setelah itu para petani mampu mengembangkan tanaman tersebut hingga Sragen mampu memproduksi buah jambu kristal dalam jumlah besar.
Warjimin mengatakan prospek jambu kristal sangat bagus. Pasalnya, permintaan jambu kristal di sekitar Pulau Jawa cukup tinggi. Disusul program kementerian yang ingin mengekspor buah-buahan lokal, salah satunya jambu kristal. Sementara itu, di Sragen sudah ada tengkulak yang bersedia menampung buah jambu kristal para petani nanti. “Peluang pasarnya masih bagus karena tingginya permintaan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Warjimin yang telah sukses mengembangkan buah naga di Masaran itu mengatakan pohon jambu kristal lebih tahan cuaca dibandingkan tanaman buah lainnya. Pohon tersebut bisa berbuah di semua musim, baik saat kemarau maupun kering. Kelebihan lainnya, jambu kristal bisa berbuah kapan saja, bahkan enam bulan setelah masa tanam. “Penanaman jambu kristal bakal kami pantau dan akan kami evaluasi,” tandasnya

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya