Tutup Iklan

PERTANIAN SRAGEN: Asyik, Pakai Aplikasi Eragano, Petani Sragen Bisa Jual Barang Sebelum Tanam

PERTANIAN SRAGEN: Asyik, Pakai Aplikasi Eragano, Petani Sragen Bisa Jual Barang Sebelum Tanam

SOLOPOS.COM - Sekda Provinsi Jateng Sri Puryono K.S., Wabup Sragen Dedy Endriyatno, pejabat lainnya, serta petani memetik jagung di Dukuh Bayanan, Desa Jambeyan, Sambirejo, Sragen, Jumat (23/2/2018). (Tri Rahayu/JIBI/SOLOPOS)

Kemenkominfo kembangkan aplikasi pertanian online.

Solopos.com, SRAGEN—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menggandeng PT Ergano Agritech Indonesia dalam pengembangan Program Petani Go Online khusus komoditas jagung di Sragen.

Petani diuntungkan bisa menjual barang sebelum bertanam lewat aplikasi petani Eragano. Penjelasan itu disampaikan Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Samuel A. Sosialisasi petani go online digelar di Lapangan Futsal Bayanan, Desa Jambeyan, Sambirejo, Sragen, Jumat (23/2/2018).

Samuel hadir bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono K.S. dan CEO PT Eragani Agritech Indonesia Stephani Jeselyn. Kedatangan rombongan Kemenkominfo disambut Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno selaku tuan rumah Pemkab Sragen.

Sekda Provinsi Jateng sempat menyerahkan bantuan 10 ponsel Android untuk 10 kelompok tani. (baca: DAK Pertanian Sragen Terjun Bebas, Bupati Minta Bantuan DPR)

“Memasuki era baru, teknologi membantu kita lebih produktif dan efisien. Salah satunya yang dilakukan Eragano dengan aplikasinya. Petani bisa menjual barang sebelum bertanam. Masa tanam April, maka pada Maret sudah bisa dijual barangnya. Sudah ada kesepakatan harga antara petani dan Eragano sebelum panen sehingga ada jaminan petani tidak rugi saat panen raya,” ujar Samuel.

Aplikasi Eragano itulah yang dikenalkan Samuel kepada para petani di Sragen, khusus petani jagung. PT Eragano menjadi mitra petani untuk meningkatkan kesejahteraan. Di samping itu, Samuel menyampaikan pemerintah pusat masih memberi insentif bagi petani ketika panen.

Dengan insentif pertanian, Samuel berharap para petani lebih bergairah saat menanam.

“Jadi proses jual-belinya dilakukan sebelum masa tanam. Prosesnya mitra atau pembeli memesan ke kelompok tani atau petani. Selanjutnya petani atau kelompok tani mencari pendanaan. Kemudian proses tanam, dan hasilnya langsung dibeli sesuai order. Petani masih mendapat insentif dari pemerintah,” paparnya.

Alumnus universitas di Amerika Serikat (AS) itu menyatakan AS kuat karena petaninya kuat. Dia berharap petani Indonesia harus kuat sehingga produksi pertanian dalam negeri bisa mencukupi kebutuhan negara sendiri tanpa perlu impor.

Dia berharap Sragen bisa menjadi daerah percontohan bagi daerah lain dalam pelaksanaan aplikasi petani Eragano. Dedy Endriyatno melihat potensi pertanian di Sragen luar biasa. Produksi padi menjadi penyangga pangan terbesar kedua di Jateng setelah Cilacap dengan luas lahan 101.000 hektare.

Tanaman jagung, kata dia, juga mencapai 23.873 hektare sementara kedelai seluas 5.000 hektare.

“Masuknya teknologi di sektor pertanian seharusnya mampu memberi kesejahteraan bagi petani. Petani selalu mengeluh harga jatuh saat panen raya. Dengan teknologi buatan Eragano, keluhan harga jatuh tidak terjadi karena mitra petani berani membeli dengan harga signifikan. Kebutuhan petani itu lebih pada bantuan mesin pemipil jagung dan mesin perontok padi multiguna,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Setahun Lebih Pandemi Covid-19, Ini Hambatan Terberat Bagi Nakes Solo

Para tenaga kesehatan atau nakes di Kota Solo menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menangani kasus Covid-19 selama pandemi.

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.