SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Antara/Siswowidodo)

Pertanian Sleman untuk komoditas padi, bisa menghasilkan panen yang memuaskan

Harianjogja.com, SLEMAN-Panen raya padi jenis Sygenta atau Ciherang di kelompok tani Taruno Mulyo Dusun Panggung, Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan tergolong sukses. Mulai masa tanam hingga panen tidak terkena hama tikus maupun Burung Emprit.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Panen raya yang dilaksanakan Senin (12/10/2015) tersebut dilakukan di hamparan bulak Panggung seluas 78 hektar oleh Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Edy Harmanta; Camat Cangkringan, Edy Harmana; Kepala Desa Argomulyo, Darjono; perwakilan dari PT. Pusri dan masih banyak lagi.

Dari hasil ubinan yang dilakukan terhadap sampel empat petak yang masing-masing luasannya satu hektar, dihasilkan lebih dari 44 ton gabah kering panen. Petak A menghasilkan gabah kering panen 11,2 ton/ha atau gabah kering giling 7,072 ton/ha. Petak B menghasilkan gabah kering panen 12,8 ton/ha atau 8,7 ton/ha gabah kering giling.

Selanjutnya petak C menghasilkan gabah kering panen 10,4 ton/ha atau 7,072 ton/ha gabah kering giling. Dan petak D menghasilkan gabah kering panen 11,2 ton/ha atau 7,616 ton/ha gabah kering giling.

“Hasilnya luar biasa baik. Untuk mendapatkan benih, pupuk dan obat-obatan juga mudah karena sudah ada penyalur resmi dari Pusri,” kata Edy Harmanta, Senin.

Begitu juga untuk mendapatkan perlengkapan pertaniannya. Pada prinsipnya jika dilakukan pola tanam yang benar maka hasil yang dicapai akan lebih maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya