SOLOPOS.COM - Petani Madiun membajak sawah, Minggu (29/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Pertanian Madiun bakal ditunjang pengadaan sistem pengairan senilai Rp34 miliar.

Madiunpos.com, MEJAYAN — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun, Jawa Timur, pada tahun anggaran 2015 ini, menyediakan dana Rp34 miliar dari APBD setempat untuk sistem pengairan penunjang pertanian Madiun.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

“Dana tersebut akan digunakan untuk perbaikan dan pembangunan fisik sistem pengairan di Kabupaten Madiun,” ungkap Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan Kabupaten Madiun R.M. Hekso Setyo Raharjo kepada wartawa Madiun, Kamis (13/8/2015). Menurut dia, dana tersebut di antaranya akan digunakan untuk perbaikan saluran irigasi penunjang pertanian Madiun di sejumlah waduk sehingga akan berfungsi sebagai pengedali banjir saat musim penghujan dan berfungsi pengairan secara maksimal saat musim kemarau.

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, dana tersebut juga akan digunakan untuk penambahan sumur pompa dalam di sejumlah lokasi yang dinilai sangat rawan kekeringan. “Tahun ini rencananya ada penambahan sumur pompa dalam di tujuh lokasi. Ketujuh lokasi tersebut di antaranya terletak di Kecamatan Balerejo, Wungu, dan Dolopo,” kata Hekso.

Ia menjelaskan, sejumlah sumur pompa dalam tersebut sebagian telah dibangun pada awal tahun anggaran APBD ini, sehingga diharapkan pada musim kemarau saat ini bisa difungsikan untuk kelompok tani. “Kecamatan Balerejo dan Wungu dipilih sebagai pembangunan sumur pompa dalam, karena daerah tersebut rawan terjadi kekeringan. Bahkan di Wungu terdapat sawah tadah hujan yang hanya ditanami saat musim hujan saja,” katanya.

Hekso menambahkan, dana untuk menunjang sistem pengairan tersebut diperkirakan masih akan bertambah lagi saat perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD mendatang, yang diprediksi mencapai Rp24 miliar. Penambahan tersebut seiring dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Madiun dalam meningkatkan infrastruktur di bidang pengairan guna menunjang produksi pertanian setempat, khususnya padi.

Meskipun ditunjang sistem pengairan yang baik, pihaknya tetap mengimbau petani Madiun menerapkan pola tanam yang berimbang, yakni pola tanam padi, padi, palawija. “Menanam palawija pada musim kemarau II ini karena kebutuhan airnya lebih sedikit dibandingkan padi, sehingga bisa menghindari puso atau gagal panen,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya