SOLOPOS.COM - Petani Madiun membajak sawah, Minggu (29/3/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

Pertanian Madiun diserang aneka hama.

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kabupaten Madiun, Jawa Timur melalui Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura membagikan 150 liter pestisida untuk mengatasi serangan hama yang melanda area persawahan setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Bantuan pestisida tersebut akan diberikan ke sejumlah kecamatan yang terserang hama, di antaranya Kecamatan Wonoasri, Pilangkenceng, Balerejo, Wungu, Madiun, Dolopo, dan Kebonsari,” papar Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Pemkab Madiun Mochammad Najib di hadapan wartawan.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, bantuan tersebut sifatnya hanya sebagai stimulan untuk mencegah serangan hama semakin meluas. Biasanya, saat musim tanam pertama banyak hama karena perubahan musim.

“Untuk distribusi bantuan pestisida, Dinas Pertanian akan dibantu oleh anggota Kodim 0803 Madiun,” ujar Najib saat melihat serangan hama di Desa Duren, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Selasa (9/6.2015).

Ia menjelaskan, pada musim tanam MT1 ini, sudah ada 315 hektare sawah di Kabupaten Madiun yang terserang hama. Di antaranya, hama sundep, penggerek batang, dan hama wereng.

Meski menyerang 315 hektare lahan pertanian setempat, namun ia menilai luasan tersebut masih dalam kategori kecil karena hanya menyerang kurang dari 20% dari luasan total. “Kondisi serangan hama itu masih bisa kami tangani. Serangan itu hanya mencapai 20 persen dari luasan total di Kabupaten Madiun yang mencapai lebih dari 28.000 selama MK 1,” terang dia.

Sementara itu, Komandan Kodim 0803 Madiun, Letkol Inf. Rachmat Fikri, mengatakan, pihaknya akan memembantu mewujudkan program swasembada pangan yang digagas oleh pemerintahan Joko Widodo. “Sebagaimana perintah Panglima, TNI harus membatu mengawal pelaksaan swasembada pangan. Karena itu untuk penyerahan bantuan pestisida akan dikawal oleh Babinsa dan Koramil,” kata Fikiri.

Ia berharap, bantuan yang diberikan oleh pemda setempat dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh petani, sehingga serangan berbagai hama di sejumlah wilayah dapat ditekan dan produksi beras ikut meningkat.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya