SOLOPOS.COM - ilustrasi pertanian (JIBI/Harian Jogja/dok)

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pemerintah Kabupaten Kulonprogo berupaya meningkatkan ketahanan pangan dan pemasaran hasil produk pertanian.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menjelaskan upaya peningkatan produksi dan produktivitas pertanian dilakukan dengan pembinaan teknis, penyaluran bantuan saprodi seperti benih dan pupuk. Selain itu, penyaluran bantuan alat mesin pertanian serta pengawalan antisipasi serangan organisme pengganggu tanaman (OPT) dan bencana alam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Upaya peningkatan kualitas hasil dengan penanaman varietas unggul lokal yakni Padi Menor, penyaluran bantuan pasca panen dan pengolahan hasil,” katanya, Minggu (13/7/2014).

Lebih lanjut, ia mengatakan Pemkab Kulonprogo juga membantu petani dalam memasarkan produk pertanian seperti dengan membuat nota sepakataan bersama dengan bulog untuk memasok beras daerah (rasda).

Selain itu, ia mengatakan Pemkab Kulonprogo melalui Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dispertan) untuk mempertahan dan memantapkan ketahanan pangan upaya yang dilakukan melalui sasaran kelembagaan petani seperti kelompok tani, gapoktan, asosiasi, dan kelompok wanita tani.

“Harapannya mereka meningkatkan mutu intensifikasi dalam rangka meningkatkan produktivitas lahan, menerapkan teknologi spesifik lokasi, dan mengoptimalkan lahan pekarangan dan diversifikasi pangan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya