Tutup Iklan

PERTANIAN KARANGANYAR : Kartu Tani Dibagikan Sesuai Nama Agar Petani Tak Neka-Neka

PERTANIAN KARANGANYAR : Kartu Tani Dibagikan Sesuai Nama Agar Petani Tak Neka-Neka

SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyerahkan kartu tani kepada perwakilan petani di 17 kecamatan di Karanganyar pada Kamis (5/10/2017). (Istimewa/Dokumentasi Kominfo Karanganyar)

Ribuan kartu tani dibagikan untuk petani di Karanganyar dan Mojolaban Sukoharjo.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 101.144 kartu tani dibagikan kepada petani di Karanganyar dan Mojolaban, Sukoharjo. Pemerintah berharap kartu tani memudahkan penyaluran subsidi pupuk dan untuk memantau pemanfaatan barang subsidi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Karanganyar, Supramnaryo, menyampaikan kartu tani menggunakan sistem online. Kartu tani diberikan kepada petani penggarap maupun pemilik lahan yang tergabung dalam kelompok tani. Pendataan petani penerima kartu tani disesuaikan dengan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

“Tugas kami menyiapkan data petani, luas lahan, dan kebutuhan. Selebihnya menjadi urusan perbankan yang bekerja sama dalam hal ini BRI. Kalau jumlah kartu tani 101.144. Tetapi itu tidak semua Karanganyar, ada sebagian Mojolaban Sukoharjo. Karena berkaitan pelayanan kantor cabang perbankan,” kata Supramnaryo saat dihubungi, Kamis (5/10/2017).

Supramnaryo menuturkan fungsi kartu tani untuk menggulangi agar tidak terjadi penyelewengan pupuk maupun penyaluran yang tidak tepat sasaran.

“Jadi langsung ke masing-masing nama. Petani beli pupuk pakai kartu tani. Beli di toko pertanian. Ada alat untuk gesek kartu [EDC]. Di dalam kartu itu ada sistem yang isinya luas lahan dan kebutuhan pupuk. Jadi petani enggak bisa neka-neka,” jelas dia.

Pemerintah pusat memberikan subsidi pembelian pupuk senilai lebih dari 50%. Subsidi disalurkan melalui kartu tani. Tetapi, petani tidak dapat mencairkan nilai subsidi dari pemerintah.

“Tidak bisa dicairkan. Nanti kami sosialisasikan penggunaan kartu. Ada yang sudah terima dan belum. Itu yang tahu perbankan. Ada 48.000 yang belum. Kami hanya database,” ungkap dia.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, pada Kamis, menyerahkan kartu tani kepada perwakilan petani di 17 kecamatan di Karanganyar. Dia berharap kartu tani dapat membantu pemerintah menyalurkan pupuk secara tepat sasaran.

“Ini cara mengawasi distribusi subsidi pupuk. Uang subsidi dari pemerintah masuk ke kartu dan tidak bisa diambil. Subsidi di atas 50%. Yang paling penting, jatah termonitor di kartu tani. Ini mengurangi petani yang mungkin suka memanipulasi lahan dan penggunaan pupuk,” tutur Yuli, sapaan akrab Juliyatmono.

Selain membagikan kartu tani, Bupati juga menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian. Bupati menyerahkan traktor roda dua merek Quick G1.000 dan Quick Impala, kultivator, rice transplanter, dan pompa air kepada sembilan unit pelayanan jasa alsintan (upja) di Karanganyar, Matesih, Tawangmangu, Jumapolo, Jenawi, dan Kerjo.

Selain itu, Dinas Pertanian dan Pangan Karanganyar juga menyerahkan ratusan unit alsintan kepada kelompok tani. Sejumlah alsintan itu adalah traktor roda empat sebanyak 11 unit, traktor roda dua sebanyak 78 unit, rice transplanter sebanyak 13 unit, pompa air beberapa ukuran sebanyak 33 unit, dan hand sprayer sebanyak 96 unit.

Berita Terkait

Berita Terkini

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.

Sinyal Ferdinand Sinaga Merapat ke Persis Solo

Seorang sumber Solopos.com menyebut peluang Ferdinand merapat ke Persis mencapai 90%.

3 Zodiak Ini Konon Insan Paling Kreatif

Dalam urusan kreativitas, ada beberapa orang yang bingung dengan idenya, namun ada yang mudah mewujudkan layaknya zodiak insan kreatif.

Persika Karanganyar 0-1 Persis Solo: Assanur Rijal Akhirnya Pecah Telur

Setelah nihil gol di empat laga uji coba awal klub, Rijal Torres akhirnya pecah telur saat Persis beruji coba melawan Persika Karanganyar