PERTANIAN KARANGANYAR : Kartu Tani Dibagikan Sesuai Nama Agar Petani Tak Neka-Neka

PERTANIAN KARANGANYAR : Kartu Tani Dibagikan Sesuai Nama Agar Petani Tak Neka-Neka

SOLOPOS.COM - Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyerahkan kartu tani kepada perwakilan petani di 17 kecamatan di Karanganyar pada Kamis (5/10/2017). (Istimewa/Dokumentasi Kominfo Karanganyar)

Ribuan kartu tani dibagikan untuk petani di Karanganyar dan Mojolaban Sukoharjo.

Solopos.com, KARANGANYAR — Sebanyak 101.144 kartu tani dibagikan kepada petani di Karanganyar dan Mojolaban, Sukoharjo. Pemerintah berharap kartu tani memudahkan penyaluran subsidi pupuk dan untuk memantau pemanfaatan barang subsidi.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Karanganyar, Supramnaryo, menyampaikan kartu tani menggunakan sistem online. Kartu tani diberikan kepada petani penggarap maupun pemilik lahan yang tergabung dalam kelompok tani. Pendataan petani penerima kartu tani disesuaikan dengan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK).

“Tugas kami menyiapkan data petani, luas lahan, dan kebutuhan. Selebihnya menjadi urusan perbankan yang bekerja sama dalam hal ini BRI. Kalau jumlah kartu tani 101.144. Tetapi itu tidak semua Karanganyar, ada sebagian Mojolaban Sukoharjo. Karena berkaitan pelayanan kantor cabang perbankan,” kata Supramnaryo saat dihubungi, Kamis (5/10/2017).

Supramnaryo menuturkan fungsi kartu tani untuk menggulangi agar tidak terjadi penyelewengan pupuk maupun penyaluran yang tidak tepat sasaran.

“Jadi langsung ke masing-masing nama. Petani beli pupuk pakai kartu tani. Beli di toko pertanian. Ada alat untuk gesek kartu [EDC]. Di dalam kartu itu ada sistem yang isinya luas lahan dan kebutuhan pupuk. Jadi petani enggak bisa neka-neka,” jelas dia.

Pemerintah pusat memberikan subsidi pembelian pupuk senilai lebih dari 50%. Subsidi disalurkan melalui kartu tani. Tetapi, petani tidak dapat mencairkan nilai subsidi dari pemerintah.

“Tidak bisa dicairkan. Nanti kami sosialisasikan penggunaan kartu. Ada yang sudah terima dan belum. Itu yang tahu perbankan. Ada 48.000 yang belum. Kami hanya database,” ungkap dia.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, pada Kamis, menyerahkan kartu tani kepada perwakilan petani di 17 kecamatan di Karanganyar. Dia berharap kartu tani dapat membantu pemerintah menyalurkan pupuk secara tepat sasaran.

“Ini cara mengawasi distribusi subsidi pupuk. Uang subsidi dari pemerintah masuk ke kartu dan tidak bisa diambil. Subsidi di atas 50%. Yang paling penting, jatah termonitor di kartu tani. Ini mengurangi petani yang mungkin suka memanipulasi lahan dan penggunaan pupuk,” tutur Yuli, sapaan akrab Juliyatmono.

Selain membagikan kartu tani, Bupati juga menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian. Bupati menyerahkan traktor roda dua merek Quick G1.000 dan Quick Impala, kultivator, rice transplanter, dan pompa air kepada sembilan unit pelayanan jasa alsintan (upja) di Karanganyar, Matesih, Tawangmangu, Jumapolo, Jenawi, dan Kerjo.

Selain itu, Dinas Pertanian dan Pangan Karanganyar juga menyerahkan ratusan unit alsintan kepada kelompok tani. Sejumlah alsintan itu adalah traktor roda empat sebanyak 11 unit, traktor roda dua sebanyak 78 unit, rice transplanter sebanyak 13 unit, pompa air beberapa ukuran sebanyak 33 unit, dan hand sprayer sebanyak 96 unit.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ribuan Pekerja Hotel dan Restoran di Malang Dirumahkan

Hotel dan Restoran di Malang terpaksa merumahkan separuh dari total karyawan mereka untuk bisa bertahan sekaligus mematuhi aturan PPKM.

ITS PKU Muhammadiyah Solo Gelar Kurban di Wonogiri, Ini Alasannya

Perayaan Hari Raya Iduladha 2021, ITS PKU Muhammadiyah Solo dilaksanakan di Dusun Joho, Desa Sambiharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogori

Paket Obat Covid-19 Gratis Didistribusikan ke Pasien Isoman di Bantul

Penyaluran paket obat Covid-19 gratis ke pasien yang isoman di rumah di Bantul dilakukan oleh para tentara Bintara Pembinaan Desa (Babinsa).

Windy Cantika Sempat Gugup karena Persaingan Olimpiade Tokyo 2020 Sangat Ketat

Windy Cantika sempat gugup karena para rival tampil tangguh hingga hanya berjarak tipis untuk total perolehan angkatan.

Ahsan/Hendra Awali Olimpiade Tokyo 2020 dengan Mudah

Ahsan/Hendra kemudian akan menghadapi wakil Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Senin (26/7/2021) pukul 16.00 WIB.

Revitalisasi Pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Kota Jogja Segera Dimulai

Revitalisasi pedestrian Jl. Jenderal Sudirman Jogja akan menghabiskan dana senilai Rp20 miliar.

KISAH KADES JENAR: Dulu Hujat Pejabat, Kini Disuntik Vaksin Langsung oleh Bupati Sragen

Akhirnya Kades Jenar bertemu Bupati Sragen dan disuntik vaksin.

Peringati Hari Anak Nasional, Anak di Madiun Dapat Vaksinasi Covid-19

Pemerintah Kabupaten Madiun mulai melakukan vaksinasi terhadap anak berusia 12 tahun ke atas saat peringatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2021.

Hingga Juli 2021, Ada 125 Kasus Kematian Karena Covid-19 di Kulonprogo

125 kasus kematian akibat Covid-19 selama Juli di Kabupaten Kulonprogo, mayoritas pasien yang sedang dirawat di rumah sakit.

Gubernur Ganjar Sebut Serapan Anggaran Covid-19 Jateng Sudah 17,28%, Ini Perinciannya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku kena buli dan kecaman akibat informasi yang disampaikan @pandemictalks soal serapan anggaran Covid-19 di Jateng yang disebut terendah.

Mimpi CEO Wardah Salman Subakat Bangun Ekosistem Pendidikan Indonesia

Salman Subakat, yang menduduki jabatan Chief Executive Officer (CEO) Paragon Technology and Innovation mendeskripsikan dirinya dalam empat kalimat.

Tugu Bola, Ikon Baru Desa Sambi Sragen dan Jadi Simbol Pemersatu Warga

Desa Sambi, Kecamatan Sambirejo, Sragen, kini memiliki ikon wilayah yakni Tugu Bola. Tugu ini menjadi simbol pemersatu warga Desa Sambi.