PERTANIAN JATENG : Wagub Dorong PPL Tingkatkan Profesionalitas demi Kedaulatan Pangan

PERTANIAN JATENG : Wagub Dorong PPL Tingkatkan Profesionalitas demi Kedaulatan Pangan

SOLOPOS.COM - Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko (JIBI/Solopos/Antara/Wisnu Adhi N.)

Pertanian Jateng diharapkan Wagub Heru Sudjatmoko bisa mewujudkan kedaulatan pangan dengan PPL yang profesional.

Solopos.com, SEMARANG — Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mendorong para penyuluh pertanian lapangan (PPL) meningkatkan profesionalitas untuk mewujudkan kedaulatan pangan di daerah ini. "Penyuluh pertanian itu mempunyai peran strategis sekaligus menjadi ujung tombak dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan serta program pertanian lainnya," tutur Wagub Heru Sudjatmoko di Kota Semarang, Jateng, Kamis (8/2/2018).

Wagub menjelaskan bahwa Provinsi Jateng pada 2017 berhasil surplus beras karena kuantitas produksi berasnya mencapai dua kali lipat dari kebutuhan konsumsi masyarakat. Mantan Bupati Purbalingga itu menyebutkan jumlah produksi padi pada 2017 mencapai kurang lebih 11,372 juta ton gabah kering giling (GKG) atau setara dengan 6,865 juta ton beras.

"Dengan kebutuhan konsumsi masyarakat yang sebesar 3,193 juta ton, Jateng masih surplus sebesar plus minus 3,672 juta ton," papar kader PDI Perjuangan yang tak lagi dicalonkan partai politiknya dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 itu.

Wagub mengatakan Pemprov Jateng juga terus berupaya meningkatkan produktivitas dan kuantitas serta kualitas produksi padi. Langkah yang dilakukan antara lain dengan intensifikasi usaha tani tanaman pangan dan modernisasi pertanian, pencegahan, pengendalian, dan pemantauan organisme pengganggu tanaman (OPT), serta melakukan mitigasi akibat bencana alam, banjir dan kekeringan.

Selain itu, dilakukan pula optimalisasi kebun benih dinas sebagai penghasil benih bermutu bersertifikat, serta penambahan/rehabilitasi infrastruktur pertanian tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan. Ada juga sertifikasi mutu hasil pertanian, melakukan analisa perekonomian usaha tani, pemantauan pasar, pengamatan susut hasil dan promosi pasar, serta peningkatan kemampuan sumber daya manusia di sektor pertanian.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah Yuni Astuti menambahkan, saat ini di Jateng terdapat 1.790 Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) yang telah memperpanjang kontrak kerja. "Kinerja THL-TBPP dianggap baik sehingga secara keseluruhan yaitu 1.790 orang telah melakukan kontrak kerja untuk 2018 dan para penyuluh kian dituntut untuk mampu menjadi inisiator, fasilitator, motivator, dan penghubung dalam pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir," katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.

Wisatawan Luar Jateng yang Mencoba Masuk Lewat Karanganyar Terus Bertambah

Wisatawan dari luar Jawa Tengah yang mencoba masuk ke Karanganyar, Jateng semakin banyak pada H+2 Lebaran atau Sabtu (15/5/2021).