PERTANIAN JATENG : Tentara Demak Berlatih Kelola Pertanian

PERTANIAN JATENG : Tentara Demak Berlatih Kelola Pertanian

SOLOPOS.COM - Tentara anggota Kodim 0716/Demak mengikuti pelatihan tata kelola pertanian, Kamis (1/2/2018). (JIBI/Solopos/Antara/Istimewa- Kodim Demak)

Pertanian di Demak, Jateng diklaim Kodim 0716 berhasil dengan pendampingan anggota TNI.

Solopos.com, DEMAK — Tentara anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0716/Demak, Jawa Tengah, Kamis (1/2/2018), mendapatkan pelatihan tata kelola pertanian. Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Inf. Abi Kusnianto mengklaim pelatihan itu digelar agar anggota TNI bisa ikut mewujudkan kedaulatan pangan nasional yang dicanangkan pemerintah.

Dandim Abi Kusnianto mengakui dengan bekal pengetahuan pertanian itu, tentara anggotanya bakal diminta melakukan monitoring control terhadap sistem manajemen tata kelola budi daya pertanian. Menurutnya, cara itu nantinya bisa bermuara ke semakin cerdas dan berkualitas petani Demak, Jateng.

Monitoring control yang disebutnya juga sebagai pendampingan petani itu, diklaim Letkol Abi Kusnianto sebagai salah satu peran TNI dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional. "Setidaknya, kami bisa turut berperan dalam mewujudkan petani cerdas, berkualitas, sejahtera dan membangun harkat serta martabat pertanian Kabupaten Demak menjadi lebih baik," ujarnya.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan tentang ilmu pertanian yang diselenggarakan di aula Kodim Demak itu, diikuti sekitar 80 personel dari beberapa Koramil. Selain mendapatkan materi ceramah, para tentara peserta diklat tersebut juga dijadwalkan mengunjungi lahan petani untuk melakukan interaksi dengan petani.

Diklaim Abi Kusnianto, jajaran Kodim Demak selama ini rajin mendampingi petani di Kabupaten Demak dalam rangka mewujudkan kedaulatan pangan. Pada pertengahan Januari 2018, anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Mranggen juga turut membantu petani di Desa Bandungrejo, Kecamatan Mranggen melakukan panen jagung.

Hal tersebut, menurutnya merupakan bentuk dukungan terhadap program ketahanan pangan yang digalakkan pemerintah daerah dan dukungan tersebut diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan. Program ketahanan pangan yang digalakan pemerintah tidak hanya tanaman padi, melainkan ada komoditas lainnya, seperti jagung dan kedelai.

Sebelumnya, lanjut dia, ketika petani menanam padi, babinsa di bawah Kodim 0716/Demak juga turut membantu. Bantuan serupa, kata dia, juga diberikan babinsa saat pengolahan lahan, pembibitan, perawatan, hingga penjualan. Pendampingan yang dilakukan tentara, menurutnya terus dilakukan hingga petani meraih hasil optimal atas lahan pertanian mereka.

Karena itulah, katanya, TNI melalui babinsa di tingkat desa dan Petugas Penyuluh Pertanian (PPL) terus memberikan pendampingan kepada petani demi menanam ketiga sumber makanan pokok tersebut. Dandim Abi Kusnianto meyakini pendampingan tentara terhadap petani bisa mendongkrak produktivitas hasil pertanian serta mewujudkan petani berkualitas dan peningkatan ketahanan menuju kedaulatan pangan nasional.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Juara Liga Italia, Inter Milan Malah Diterpa Krisis Keuangan

Wakil Presiden Inter, Javier Zanetti, mengakui ada masalah keuangan di klub. Dia juga mengatakan tak menutup kemungkinan jika Suning Grup selaku pemilik bisa melego klub.

Yussa Nugraha Kian Dekat ke Laskar Sambernyawa

Manajemen Persis dikabarkan telah mencapai kesepakatan lisan dengan penyerang 20 tahun tersebut.