Tutup Iklan

PERTANIAN JATENG : Ganjar Pranowo Canangkan Uji Coba Aplikasi Eragano

PERTANIAN JATENG : Ganjar Pranowo Canangkan Uji Coba Aplikasi Eragano

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Instagram-@ganjar_pranowo)

Pertanian Jateng menurut Gubernur Ganjar Pranowo bisa mensejahterakan petani dengan menggunakan aplikasi Eragano.

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mencanangkan uji coba aplikasi sistem perdagangan elektronik Eragano. Aplikasi e-commerce yang beroperasi sebagai hasil kerja sama Pemprov Jateng dengan pengelola aplikasi sistem perdagangan elektronik itu diklaim sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan petani.

“Sistem informasi pertanian yang dibangun pada e-commerce Eragano akan membuat petani memperoleh keuntungan yang layak,” kata Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Jateng, Senin (5/2/2018). Menurut dia, aplikasi Eragano bisa diterapkan di Provinsi Jateng dan beberapa kelompok tani yang sudah punya modal awal peralatan bisa langsung ditautkan ke aplikasi tersebut.

Ganjar Pranowo yang kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jateng yang merupakan bagian pemilihan umum kepala daerah (pilkada) serentak 2018 itu berpendapat aplikasi Regopantes perlu terus disosialisasikan kepada para petani meski sudah tiga bulan beroperasi. Sedangkan aplikasi Eragano, menurutnya perlu segera diuji coba di beberapa daerah.

“Eragano membangun sistem informasinya, termasuk produksi dan kemana akan dijual. Dia carikan off taker-nya, back up insurance-nya, dan beri intermediasi perbankan,” ujar Ganjar yang berpasangan dengan Taj Yasin sebagai calon wakil gubernur dalam pilkada atau Pilgub Jateng 2018 itu.

Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah Peni Rahayu mengemukakan untuk menindaklanjuti penjajakan tersebut, pihaknya akan melakukan uji coba sistem perdagangan elektronik Eragano di Kabupaten Sragen, Grobogan, dan Banyumas. Menurut dia, beroperasinya aplikasi Regopantes dan Eragano nanti akan memberikan keleluasan bagi petani Jateng untuk memilih aplikasi yang digunakan untuk menjual hasil panennya.

“Ada Eragano, ada Regopantes, petani boleh memilih, petani mau jual dalam jumlah kecil dengan harga yang cukup menguntungkan bisa lewat Regopantes, kalau komoditasnya dalam jumlah besar tentu harganya berbeda dan itu kita bisa tawarkan melalui Eragano,” katanya.

CEO Eragano Stephanie menerangkan bahwa aplikasi sistem perdagangan elektronik yang dikelolanya merupakan solusi dari hulu ke hilir berbasis teknologi untuk memberikan kemudahan bagi petani dalam mengakses pinjaman atau kredit perbankan, memperoleh pelatihan budidaya, dan pascapanen hingga mereka siap menjual hasil panennya. Untuk pemasarannya, aplikasi sistem perdagangan elektronik Eragano berorientasi pada segmen industri agar petani dapat menjual komoditasnya dalam skala besar.

“Kami punya jaringan ke hotel, restoran, dan kafe, tapi kami fokuskan pada pasar industri agar kita stabil dulu, tujuan yang kami sudah ada seperti Unilever, Nestle, Charoen Pokphand Indonesia, Cargill,” ujarnya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Selasa (6/2/2018).

Secara teknis, petani yang mengawali keikutsertaannya di aplikasi Eragano harus mengisi data profil petani, titik lahan, dan titik geotagging untuk memudahkan monitoring budidaya hingga pascapanen. “Dari profil petani mereka masukkan data seperti dari nama, tanggal lahir, nomor KTP sampai nama ibu kandung untuk membantu bank menerapkan laku pandai. Titik profil lahan dan titik `geotagging` sehingga langsung ketahuan lahannya dimana dan bisa dikroscek karena ketika nanti monitoring, ada pengecekan antara lokasi foto dengan lokasi lahannya,” paparnya.

Dengan segmen industri yang ada, Stephanie mengungkapkan Eragano mendorong insan pertanian Jateng untuk menjual komoditas mereka dengan bobot minimal 2,5 ton sehingga ongkos kirim yang harus dikeluarkan tidak banyak.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Bek Turki Minta Maaf Seusai Timnya Kalah dari Wales di Hadapan Erdogan

Bek tim nasional Turki Umut Meras menyampaikan permintaan maaf setelah timnya kalah 0-2 melawan Wales dalam lanjutan Grup A Euro 2020.

Jangan Ikut Salah Paham soal 5G, Baca Ini!

Pemerintah baru-baru ini mengumumkan warga negara Indonesia bisa menikmati generasi kelima atau 5G teknologi seluler, jangan gagap teknologi!

Turki 0-2 Wales: The Dragons Buka Kans ke 16 Besar

Wales berpeluang besar lolos ke fase gugur apakah sebagai dua tim teratas klasemen maupun jadi salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik.

Ganti Paul Pogba Singkirkan Botol Bir di Euro 2020

Setelah Cristiano Ronaldo viral karena memindahkan botol Coca-Cola dalam konferensi pers Euro 2020, Paul Pogba menyingkirkan bir Heineken.

Italia 3-0 Swiss: Menang Lagi, Gli Azzurri Lolos Duluan

Hasil 3-0 ini mengantarkan Italia lolos ke babak gugur setelah mengantungi enam poin dari dua laga.

Tokopedia Dikabarkan Milik Asing, Benarkah?

Perusahaan e-commerce kelas unicorn Tokopedia dikabarkan dimiliki pemodal asing, sehingga pendiri sekaligus CEO William Tanuwijaya bereaksi.

Peneliti Universitas Yale Temukan Virus Flu Tangkal Virus Corona

Peneliti di Universitas Yale menemukan fakta rhinovirus, penyebab flu biasa dapat melindungi manusia dari virus corona penyebab Covid-19.

Copa America 2021 Ketambahan 11 Kasus Covid-19

Copa America, turnamen Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederación Sudamericana de Fútbol/Conmebol), diserang Covid-19.

Berbekal Smartphone Atau Tablet Bisa Jadi Pengusaha Lewat Alfamind 

Alfamart melalui Alfamind menawarkan peluang usaha dengan memanfaatkan teknologi digital bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha.

Covid-19 di Jateng Tambah Parah, Pasien Tambah 1.884 Orang

Serangan virus corona di Jawa Tengah bertambah parah, bahkan Dinas Kesehatan Jateng mencatat penambahan 3.107 Covid-19 dalam sehari.

Ronaldo Singkirkan Botol Sponsor Euro 2020, UEFA Tutup Mulut

Cristiano Ronaldo memindahkan dua botol Coca-Cola dalam konferensi pers di Stadion Puskas Ferenc di Budapest, Hongaria dan viral di medsos.

Xiaomi Rilis Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Yuk Intip Kelebihan & Harganya!

Vendor ponsel pintar asal China, Xiaomi, meluncurkan varian Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra yang harus Anda cermati kelebihan dan harganya.