SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (jongkok kedua dari kanan), saat peluncuran aplikasi regopantes.com di halaman Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Sabtu (23/9/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Istimewa-Humas Pemprov Jateng)

Pertanian Jateng kini dijual secara inovatif dengan diluncurkannya aplikasi smartphone regopantes.com.

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan aplikasi smarphone  regopantes.com untuk kalangan petani. Aplikasi ini diharapkan bisa memangkas jalur distribusi penjualan berbagai komoditas hasil pertanian dari para petani Jateng ke konsumen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Kantor Berita Antara, aplikasi regopantes.com diluncurkan saat peringatan Hari Tani Nasional 2017 di Provinsi Jateng yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Jateng, Kota Semarang, Sabtu (23/9/2017). Turut hadir dalam acara peluncuran aplikasi smartphone bagi petani itu Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Aplikasi regopantes.com itu diharapkan menjadi perdagangan online atau dalam jaringan (daring) berbagai produk pertanian dari petani langsung ke konsumen dengan harga yang pantas untuk semua pihak. Ganjar pun meminta para petani mulai melek teknologi dan mulai menggunakan aplikasi regopantes.com untuk memasarkan produknya.

Melalui aplikasi regopantes.com, Pemprov Jateng juga ingin meningkatkan kesejahteraan petani dengan memutus panjangnya mata rantai penjualan yang berakibat harga rendah di tingkat petani, namun tinggi di tangan konsumen. “Dengan aplikasi ini, petani bisa mem-posting hasil tani yang dijualnya secara online, lalu konsumen melakukan pembelian melalui situs regopantes.com,” jelas Ganjar.

Harga pantas untuk petani dan konsumen akan diakurasi oleh sistem regopantes.com dengan cara mencari keseimbangan baru antara harga petani ke tengkulak dengan harga konsumen membeli hasil tani di pasar. “Harga pantas petani dan harga pantas konsumen tersebutlah yang ditawarkan oleh sistem kepada petani dan konsumen akhir sebagai dasar transaksi di antara petani dan konsumen,” ujarnya.

Harga pantas petani akan lebih tinggi dibandingkan harga ke tengkulak, tapi memiliki konsekuensi bahwa petani harus lebih sadar terhadap kualitas hasil tani karena kini petani menjadi penjamin kualitas hasil taninya sendiri. Dengan demikian, aplikasi regopantes.com merupakan alat atau alternatif cara petani mendapatkan harga yang lebih pantas dan akhirnya akan membuat hidup petani lebih sejahtera.

Peluncuran aplikasi regopantes.com didahului dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Sekda Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Kanwil BRI Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Kanwil PT BRI Semarang, dan Direktur 8villages Indonesia terkait “Peningkatan Kesejahteraan Petani melalui Integrasi Sistem Kartu Tani dengan Aplikasi Petani Berbasis Digital”. Penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan kelanjutan dari nota kesepahaman sebelumnya yang ditandatangani di acara Soropadan Agro Expo 2017 di Soropadan, Temanggung, Jateng, Juli 2017.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya