SOLOPOS.COM - Ilustrasi petani tembakau Boyolali dan tembakau rajangan siap kirim (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)

Pertanian Jateng menghasilkan tembakau yang kini yak kunjung diserap industri rokok.

Semarangpos.com, SEMARANG — Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Jawa Tengah (Jateng) mendesak industri rokok bersedia menyerap semua hasil panen tembakau meskipun kualitasnya menurun akibat cuaca yang ekstrem.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami mengakui kualitas tembakau menurun dan berharap Gubernur Jateng bisa berkomunikasi dengan industri agar tidak terlalu selektif menerima tembakau dari petani lokal, jangan disamakan kondisi normal,” kata Ketua APTI Jateng Wisnu Brata di Semarang, Kamis (25/8/2016).

Saat beraudiensi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di ruang kerjanya, APTI Jateng juga meminta gubernur segera berkomunikasi dengan pihak industri rokok karena akhir Agustus 2016 sudah memasuki masa panen. “Jika industri masih memilih tembakau impor, bisa dipastikan petani tembakau lokal bakal menjerit,” ujarnya.

Dia mengatakan pemerintah pusat juga mengurangi masuknya tembakau impor yang dinilai merugikan petani lokal, bahkan impor tembakau saat ini sudah mencapai 150 ribu ton atau 55% dari kebutuhan nasional. “Pada draf RUU tentang pertembakauan, sudah ada pasal yang mengunci soal penggunaan tembakau impor, jika industri memproduksi rokok dengan komposisi 20 persen tembakau impor, cukainya akan dinaikkan menjadi tiga kali lipat,” katanya.

Menanggapi beberapa keluhan APTI Jateng tersebut, Ganjar berjanji mempertemukan pihak industri rokok dan petani tembakau pada Selasa (30/8) guna mencari solusi terbaik. “Saya sependapat jika pemerintah menghentikan impor tembakau agar tembakau dari petani lokal bisa terserap semua sehingga kesejahteraan petani tembakau meningkat,” ujarnya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya