Tutup Iklan

PERTANIAN BOYOLALI : Tuntut Perbaikan Irigasi, Petani Labrak Pelaksana Tol Soker

PERTANIAN BOYOLALI : Tuntut Perbaikan Irigasi, Petani Labrak Pelaksana Tol Soker

SOLOPOS.COM - Tembok pembatas tol Soker dan saluran irigasi di Dukuh Mojorejo, Desa Sawahan, Ngemplak, roboh setelah digempur petani yang marah karena saluran irigasi tak kunjung diperbaiki, Rabu (29/6/2016). (Aries Susanto/JIBI/Solopos)

Pertanian Boyolali, sejumlah petani di Desa Sawahan melabrak pelaksana proyek tok Soker.

Solopos.com, BOYOLALI -- Sejumlah petani di Desa Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, melabrak pelaksana proyek tol Solo-Kertosono (Soker), Jumat (21/10/2016).

Pemicunya, saluran irigasi di kawasan tol Soker yang tak kunjung diperbaiki sejak tuntutan mereka disampaikan beberapa waktu lalu.

“Tolong segera selesaikan perbaikan saluran irigasi pertanian. Kalau tak segera dikerjakan, kami akan turunkan petani se-Soloraya untuk blokade jalan tol,” ancam Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Tri Mandiri Sejahtera, Samidi, di hadapan petugas tol bagian saluran irigasi di Desa Sawasan, Ngemplak, Jumat.

Dalam kesempatan itu, Samidi menunjukkan sejumlah saluran irigasi yang tak berfungsi lantaran dibangun asal-asalan. Model salurannya terlalu kecil, tak mengacu pada elevasi air, serta saluran irigasi yang pampat lantaran tertimbun sisa-sisa material.

Sedikitnya ada enam lokasi di saluran irigasi Desa Sawahan yang dipermasalahkan. Enam lokasi itu ditunjukkan langsung kepada petugas tol dan harus segera dibereskan sebelum musim hujan datang.

“Pimpinan Satker sudah merespons tuntutan petani, namun kenapa petugas di lapangan tak becus menggarap proyek,” ujar Samidi kepada petugas tol.

Selain di Desa Sawahan, sejumlah saluran irigasi yang dipermasalahkan petani berada di Desa Kismoyoso, Dibal, Donohudan, dan lain-lain. “Kami minta ada jadwal pelaksanaan. Biar kami bisa mengawasi perkembangannya. Kalau tak diawasi, pengerjaan keliru lagi,” tambah dia.

Pelaksana saluran irigasi tol Soker, Teguh, mengatakan segera merespons tuntutan petani di wilayah Ngemplak. Dalam pekan ini, ia bergerak dan memperbaiki saluran irigasi yang tak berfungsi.

“Sebenarnya kami juga sudah memperbaiki sejumlah saluran irigasi yang rusak itu. Cuma masih banyak juga yang belum tertangani,” jelas dia.

Ia optimistis perbaikan saluran irigasi tersebut kelar sebelum proyek tol selesai pada 2017. “Kami akan selesaikan saluran air ini sebelum proyek tol secara keseluruhan kelar,” ungkap dia.

Terpisah sebelumnya, Ketua Satker Tol Soker, Aidul Fiqri, mengatakan proyek saluran irigasi yang bermasalah itu merupakan warisan pelaksana proyek sebelumnya. Saat ia masuk menangani tol Soker, kondisi irigasi sudah demikian parahnya.

Meski demikian, pelaksana tol saat ini tetap akan bertanggung jawab dan memenuhi tuntutan para petani. Ia bahkan berjanji menggandeng para petani untuk menjadi mitra dalam menginventarisasi saluran air yang bermasalah itu.

Berita Terkait

Berita Terkini

Indosat Ooredoo Luncurkan Layanan 5G Pertama di Solo, Ini Keunggulannya

PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo) meluncurkan layanan 5G komersial pertama di Solo pada Selasa (22/6/2021).

Tambah Lagi, Total 107 Karyawan Pabrik Sepatu di Jaten Terpapar Covid-19

Karyawan pabrik sepatu di Kecamatan Jaten yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 107 orang.

Lengkapi Barang Bukti, Polisi Sragen Ubek-Ubek Jamban Cari Celana Dalam Bocah Korban Pencabulan Sukodono

Polisi Sragen mengubek-ubek jamban untuk mencari celana dalam milik bocah korban pencabulan di Sukodono sebagai barang bukti,

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.