Tutup Iklan

PERTANIAN BOYOLALI : 9 Kecamatan Terima Bantuan Pengembangan Jaringan Irigasi

PERTANIAN BOYOLALI : 9 Kecamatan Terima Bantuan Pengembangan Jaringan Irigasi

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Pertanian Boyolali di sembilan kecamatan akan menerima bantuan untuk pengembangan jaringan irigasi.

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak sembilan kecamatan di Kabupaten Boyolali akan memperoleh bantuan sosial bidang prasarana dan sarana pertanian untuk pengembangan jaringan irigasi dari APBN-P 2015.

Selain itu, beberapa desa di Kecamatan Ngemplak, Boyolali yang menerima bantuan tersebut adalah Desa Kismoyoso, Giriroto, Manggung, dan Gagaksipat. Tak hanya di Ngemplak, bantuan serupa juga diberikan kepada sejumlah desa di Kecamatan Nogosari, Simo, Sambi, Wonosegoro, Ampel, Mojosongo, Teras, Banyudono, dan Sawit.

Kepala UPT Pertanian Kecamatan Ngemplak, Sukani, mengatakan hingga Kamis (21/5/2015) bantuan kepada kelompok tani/Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di empat desa di Kecamatan Ngemplak masih dalam proses pencairan.

Sukani menjelaskan 75% dari dana bantuan untuk pembelian material dan 25% sisanya untuk insentif tenaga kerja.

Sukani menambahkan seluruh pengerjaan rehabilitasi diserahkan kepada kelompok tani dengan pengawasan dari UPT Pertanian. Bantuan dana senilai Rp1 juta per 1 hektare akan ditransfer ke rekening masing-masing ketua kelompok tani. Volume luasan tiap wilayah bervariasi dari 25 hektare-45 hektare.

“Bantuan ini dananya langsung dari pemerintah pusat. Sumber dananya dari APBN-P 2015. Untuk Giriroto, Manggung, dan Kismoyoso masing-masing mendapat Rp50 juta, sementara Gagaksipat mendapat Rp35 juta,” kata dia saat dijumpai Solopos.com di kantornya, Kamis (21/5/2015).

Sementara itu, Ketua Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Daerah irigasi Cengklik, Samidi, mengatakan hampir seluruh saluran irigasi di wilayah Desa Ngemplak membutuhkan rehabilitasi, terutama untuk menghadapi musim kemarau tahun ini.

Samidi mencontohkan ada banyak saluran irigasi di Desa Gagaksipat yang sudah tidak lagi berfungsi. Dia menjelaskan hal tersebut terjadi setelah pengembangan bandara Adi Soemarmo 1997 lalu.

“Dulunya saluran irigasi di Desa Gagaksipat sumber aliran airnya dari Bendung Brajan. Kemudian setelah pengembangan bandara, banyak yang beralih fungsi jadi rumah-rumah,” kata dia kepada Solopos.com seusai pertemuan GP3A, Kamis (21/5/2015).

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.

Wisata Kedungombo Dibuka Lagi, Terapkan Prokes Ketat

Seiring selesainya proses pencarian korban perahu terbalik, kemudian wisata Kedungombo dibuka kembali.

Tribun Sinagoge di Tepi Barat Ambruk, 2 Tewas & 100 Terluka

Musibah maut menyeruak di tengah konflik berdarah Israel dan Palestina ketika tribun sebuah sinagoge di Tepi Barat, Palestina ambruk.