Tutup Iklan

PERTANIAN BOYOLALI : 34 Kelompok Tani Dapat Bantuan Traktor dari Kementan

PERTANIAN BOYOLALI : 34 Kelompok Tani Dapat Bantuan Traktor dari Kementan

SOLOPOS.COM - Perwakilan salah satu kelompok tani mendorong traktor bantuan ke mobil pikap, Kamis (5/10/2017). (Istimewa/Dok. Pemkab Boyolali)

Sebanyak 34 kelompok tani mendapat bantuan traktor dari Kementerian Pertanian.

Solopos.com, BOYOLALI — Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan 67 unit peralatan mesin pertanian (alsintan) kepada 34 kelompok tani Boyolali. Bantuan tersebut diserahkan melalui Dinas Pertanian (Dispertan) Boyolali, Rabu hingga Kamis (4-5/10/2017), di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pertanian Kecamatan Teras.

Pada hari pertama, Dispertan menyerahkan 16 unit traktor dari dari 28 unit yang direncanakan. Sebanyak 12 unit traktor belum diserahkan karena syarat administrasi belum lengkap. Sedangkan alsintan tahap kedua diserahkan Kamis.

“Apabila Kamis belum dapat melengkapi administrasi, Dispertan akan memberi perpanjangan waktu hingga Senin tanggal 9 [Oktober],” terang Kasi Pupuk Pestisida dan Alsintan Dispertan, Novita Aryani, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com dari Pemkab Boyolali.

Pendistribusian alsintan ini untuk memperlancar target luas tambah tanam (LTT). Dispertan yang bekerja sama dengan (UPT) berusaha membentuk Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) di kelompok tani.

“Bantuan ini dalam rangka percepatan tanam padi untuk menyukseskan program ketahanan pangan di Boyolali dapat tercapai,” imbuh Novita.

Sementara itu, salah satu anggota kelompot tani penerima bantuan, Janu Suprihatin, senang setelah menerima peralatan tersebut. Warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Murakabi 1 Kecamatan Wonosegoro ini berharap bantuan tersebut bisa meningkatkan produksi dan mempercepat proses tanam.

“Semoga dengan alat mesin ini dapat mempermudah kami saat proses tanam, perekonomian juga dapat semakin baik dengan perhatian pemerintah seperti ini,” ungkapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Indonesia Desak Gerakan Non Blok Dukung Kemerdekaan Palestina

Indonesia melalui Menlu Retno Marsudi dalam Pertemuan Luar Biasa Komite Gerakan Non Blok atau GNB meminta dukungan kemerdekaan Palestina.

Tenda Darurat di RSUD Tugurejo Diisi Pasien Berpenyakit Penyerta

RSUD Tugurejo Semarang terpaksa mendirikan tenda darurat untuk merawat pasien Covid-19 yang membeludak sehingga tak tertampung.

Sering Bersin Ciri Penerima Vaksin Kena Covid-19

Seseorang yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 masih harus tetap menghindari virus corona pemicu Covid-19.

Solo Bersiap Terapkan Jam Malam

Meningkatnya penularan virus corona di wilayah eks Karesidenan Surakarta membuat Pemkot Solo berencana menerapkan jam malam Covid-19.

Dompet Cekak, Mungkinkah Jakarta Disuntik Dana Sri Mulyani?

Dompet Jakarta terlampau cekak untuk menggerakkan iklim membangun sehingga harus mengharap disuntik dana dari Menkeu Sri Mulyani.

Korsel Gencarkan Vaksinasi, Jumlah Pasien Kritis Covid-19 Menurun

Korea Selatan atau Korsel menyatakan efek vaksinasi virus corona pencegah Covid-19 mulai terlihat pada penurunan jumlah pasien kritis.

Kendaraan Listrik Diramalkan Capai Puncak Penjualan 2033

Kendaraan listrik global diramalkan mencapai puncak penjualan tahun 2033 yang berarti lima tahun lebih awal daripada perkiraan sebelumnya.

Malaysia Targetkan Vaksinasi 60% Penduduk

Pemerintah Malaysia menargetkan dapat melakukan vaksinasi terhadap 60% penduduk dengan deadline akhir September 2021.

Panen Hadiah Simpedes BRI Klaten Diundi, Ini Nasabah Yang Beruntung Dapat Honda Mobilio

Bank BRI Cabang Klaten menggelar penarikan undian panen hadiah Simpedes periode II dengan hadiah utama satu unit mobil Honda Mobilio.

Kronologi Munculnya Klaster Takziah Covid-19 di Kabupaten Pasuruan

Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan menemukan klaster takziah di Desa Dayurejo, Kecamatan Prigen. Ada 21 orang positif terpapar Covid-19.

Begini Perketatan Aktivitas Masyarakat Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali melakukan perketatan aktivitas masyarakat selama masa PPKM Skala Mikro.