SOLOPOS.COM - Perwakilan salah satu kelompok tani mendorong traktor bantuan ke mobil pikap, Kamis (5/10/2017). (Istimewa/Dok. Pemkab Boyolali)

Sebanyak 34 kelompok tani mendapat bantuan traktor dari Kementerian Pertanian.

Solopos.com, BOYOLALI — Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan 67 unit peralatan mesin pertanian (alsintan) kepada 34 kelompok tani Boyolali. Bantuan tersebut diserahkan melalui Dinas Pertanian (Dispertan) Boyolali, Rabu hingga Kamis (4-5/10/2017), di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pertanian Kecamatan Teras.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada hari pertama, Dispertan menyerahkan 16 unit traktor dari dari 28 unit yang direncanakan. Sebanyak 12 unit traktor belum diserahkan karena syarat administrasi belum lengkap. Sedangkan alsintan tahap kedua diserahkan Kamis.

“Apabila Kamis belum dapat melengkapi administrasi, Dispertan akan memberi perpanjangan waktu hingga Senin tanggal 9 [Oktober],” terang Kasi Pupuk Pestisida dan Alsintan Dispertan, Novita Aryani, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com dari Pemkab Boyolali.

Pendistribusian alsintan ini untuk memperlancar target luas tambah tanam (LTT). Dispertan yang bekerja sama dengan (UPT) berusaha membentuk Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) di kelompok tani.

“Bantuan ini dalam rangka percepatan tanam padi untuk menyukseskan program ketahanan pangan di Boyolali dapat tercapai,” imbuh Novita.

Sementara itu, salah satu anggota kelompot tani penerima bantuan, Janu Suprihatin, senang setelah menerima peralatan tersebut. Warga yang tergabung dalam Kelompok Tani Murakabi 1 Kecamatan Wonosegoro ini berharap bantuan tersebut bisa meningkatkan produksi dan mempercepat proses tanam.

“Semoga dengan alat mesin ini dapat mempermudah kami saat proses tanam, perekonomian juga dapat semakin baik dengan perhatian pemerintah seperti ini,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya