SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

Pertanian Bantul kembali waswas menghadapi sundep.

Harianjogja.com, BANTUL—Menghadapi musim tanam kedua, petani di Bantul merasa waswas terhadap ancaman hama penggerek batang padi atau sundep. Bahkan petani maupun Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) seolah tak berdaya menghadapi serangan hama yang selalu muncul tiap tahun itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sukiran, Ketua Kelompok Tani (Poktan) Mandiri, Dusun Kwasen, Desa Srimartani, Kecamatan Piyungan mengaku belum menemukan langkah konkret untuk mengatasi serangan sundep. Bahkan PPL di wilayahnya juga angkat tangan.

Ekspedisi Mudik 2024

Hama yang biasa disebut sundep atau beluk itu muncul ketika padi sudah mulai berbunga dan berbuah. Berdasarkan pengalaman, pada panen kedua musim sebelumnya, hasil panen padi anjlok.
“Produksi panen kami ketika itu berkurang hingga 50 persen. Tapi Alhamdulillah pada musim tanam kemarin serangan tak begitu parah,” ujarnya.

Selain serangan sundep, petani juga khawatir bakal terjadi kekeringan di area persawahan Dusun Kwasen yang luasannya sekitar 40 hektare. Meski sudah ada saluran irigasi, musim kemarau tetap berdampak pada ketersediaan air.

“Sawah tadah hujan di wilayah kami luasnya mencapai 40 persen,” ujarnya menambahkan.

Tak hanya itu, hama tikus juga menjadi ancaman yang berpotensi mengurangi target panen. Untuk mengantisipasi serangan tikus, petani di Dusun Kwasen sudah menerapkan teknik sesuai arahan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya