SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Upaya perbaikan ditempuh menyusul adanya lahan pertanian pangan seluas sekitar 500 hektare yang terendam air

Harianjogja.com, BANTUL- Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul, akan memperbaiki jaringan irigasi untuk mengantisipasi banjir yang merendam lahan pertanian saat musim hujan.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

“Langkah kami ke depan dalam antisipasi banjir lahan pertanian, pertama perbaikan jaringan irigasi, memang ada beberapa daerah yang jaringan irigasi perlu diperbaiki,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul Pulung Haryadi seperti dikutip Antara, Jumat (7/10/2016).

Menurut dia, upaya perbaikan jaringan irigasi ini akan ditempuh menyusul adanya lahan pertanian pangan seluas sekitar 500 hektare yang terendam air akibat hujan yang mengguyur daerah ini selama beberapa hari sepekan lalu.

Ia mengatakan peristiwa banjir yang merendam lahan pertanian di sebagian wilayah Bantul itu diakibatkan karena kondisi jaringan irigasi yang kurang memadai, bahkan mengalami pendangkalan, sehingga tidak dapat menampung debit air volume tinggi.

“Kalau bisa diperbaiki akan diperbaiki, kalau perlu pendalaman saluran tersier akan didalamkan. Saya juga lihat di salah satu kelompok itu malah ada yang tidak ada saluran pembuang irigasi,” katanya.

Meski demikian, kata dia, upaya perbaikan jaringan irigasi tersebut belum bisa direalisasikan pada tahun anggaran 2016 yang masih tersisa empat bulan ini, namun akan diupayakan dan diajukan pada tahun anggaran 2017.

“Itu upaya ke depan, dan untuk pemberian bantuan kepada petani belum bisa melakukan, karena itu tadi, kita ada kendala yang berkaitan dengan anggaran yang kita punya,” kata Pulung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya