SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)

Pertanian Bantul berupa organik tengah berkembang.

Harianjogja.com, BANTUL–Seorang petani dari Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul, Sudiman Imam Suyuti , menjadi salah satu penerima penghargaan tingkat nasional Tahun 2016. Selain pemberian Penghargaan oleh Menteri Pertanian RI, Sudiman juga menghadiri Rapat Paripurna DPR-RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dan diundang untuk mengikuti rangkaian kegiatan peringatan HUT kemerdekaan RI ke-71.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penghargaan yang diperoleh Sudiman tidak lepas dari keberhasilanya melakukan budidaya pertanian padi sehat atau organik dengan cara mengurangi atau tanpa menggunakan bahan-bahan kimia buatan seperti pestisida atau herbisida.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengganti penggunaan bahan-bahan kimia dengan pestisida nabati atau agensi hayati. Selain itu dia mengganti pupuk kimia dengan kompos jerami atau pupuk organik. demi menjaga kualitas produk padi sehat.Untuk memenuhi kebutuhan Sudiman membuat sumur di tengah sawah untuk memenuhi kebutuhan air.

Varietas padi yang dibudidayakan oleh Sudiman diantaranya adalah Mentik wangi, Pandan Wangi, Sintanur, dan Mapan. “Padi yang dihasilkan lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi, kualitas nasinya juga lebih enak serta tidak cepat basi,” Seperti di kutip dari halaman Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten Bantul (BKPPP) Bantul, Kamis (18/8/2016).

Sudimo mebudidayakan padi di lahan seluas 2,5 hektar. Di lahan tersebut ia juga berhasil mengembangkan tanam padi varietas Tajarwo yang semula dari satu hektar menjadi menjadi empat hektar.

Dia kini juga telah memproduksi sendiri pupuk organik mikro organisme lokal dari bonggol pisang kepok sebagai molase untuk bio aktivator dalam pembuatan pupuk organik sebagai penunjang padi sehat.

Dari pencapain tersebut Sudiman pun telah menjalin kemitraan usaha, antara lain dengan Green House Yogyakarta, Gapoktan Gemah Ripah, dan memasok beras sehat ke komplek perumahan di Desa Pendowoharjo. Memasok pupuk organic ke Bumi Lestari Desa Pendowoharjo dan usaha ayam goreng dengan Wiyono Dusun Ngimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya