SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanam padi (JIBI/Harian Jogja/Bisnis Indonesia)

Petani diimbau untuk segera mengalihkan tanaman mereka ke komoditas padi.

Harianjogja.com, BANTUL—Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKPPP) mengimbau petani untuk memperbaiki saluran air di lahan pertanian mereka. Hal itu seiring dengan adanya infromasi curah hujan tinggi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Menurut Kepala BKPPP Kabupaten Bantul, Pulung Hariyadi mengimbau agar petani segera melakukan perbaikan saluran pembuangan tersier yaitu pembuangan keliling untuk menghindarkan genangan. “Segera diperdalam dan dibersihkan,” ujarnya, Selasa (29/11/2016).

Selain itu, dia juga menganjurkan para petani untuk segera mengalihkan tanaman mereka ke komoditas padi. Sebab menurut dia, padi meruopakan komoditas yang memiliki ketahanan yang tinggi terhadap air atau genangan air hujan.

Dia berharap adanya curah hujan yang tinggi ini supaya dipahami oleh petugas penyuluh maupun petani. Hal itu supaya mereka dapat menyesuaikan dengan kegiatan pertaniannya, sehingga mampu meraih hasil yang maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya