SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi (Dwi Prasetya/JIBI/SOLOPOS)

SOLO—PT Pertamina siap menambah pasokan bahan bakar minyak (BBM) sepanjang bulan Puasa hingga Lebaran.  Pasokan BBM jenis premium akan ditambah 35% sementara BBM jenis pertamax ditambah hingga 150% dan pertamax plus ditambah 100%.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Assistant Manager External Relations PT Pertamina Jateng-DIY, Heppy Wulansari menyampaikan konsumsi premium Januari-Juni 2012 rata-rata 275.755 kiloliter dan menjelang lebaran ini rencana penyaluran akan ditambah menjadi 369.433 kiloliter.  Sementara, solar akan ditambah 10% dari rata-rata kebutuhan 147.279 kiloliter per bulan menjadi 159.538 kiloliter.

BBM nonsubsidi jenis pertamax akan ditambah dari rata-rata konsumsi 2.595 kiloliter per bulan menjadi 6.487 kiloliter. Untuk pertamax plus, akan ditambah dari rata-rata konsumsi 398 kiloliter per bulan menjadi 797 kiloliter per bulan.

“Jika dibandingkan dengan realisasi penyaluran Lebaran tahun lalu, konsumsi pertamax dan pertamax plus hanya naik masing-masing 87% dan 30%,” kata Heppy, kepada Solopos.com, Selasa (24/7/2012).

Tapi, untuk Lebaran kali ini Pertamina menambah pasokan BBM nonsubsidi jauh lebih banyak. Sementara, penambahan BBM bersubsidi tidak berbeda jauh dengan realisasi penyaluran pada Lebaran tahun lalu yang hanya naik 30%.

SPBU Kantong

Heppy mengatakan, untuk menjaga ketersediaan BBM menjelang Lebaran maka stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang berada dijalur strategis arus mudik dan balik akan diinstruksikan untuk buka beroperasi penuh selama 24 jam terutama H-10 hingga H+10 Lebaran.

Pihaknya juga menyiapkan 18 SPBU yang strategis untuk menjadi ‘SPBU Kantong’ atau SPBU yang disiagakan mobil tanki berisi BBM dan berfungsi memperpendek jarak distribusi sebagai antisipasi kemacetan, bilamana SPBU terkait dan SPBU dalam radius tertentu mengalami kehabisan stok BBM.

Di Soloraya, ada empat SPBU yang akan menjadi SPBU kantong. Di antaranya, SPBU di Jl Raya Sragen-Ngawi Km 5 Desa Bener, Sragen, SPBU di Jl Slamet Riyadi Begajah Sukoharjo, SPBU di Jl Pracimantoro Sambiroto Wonogiri dan SPBU di Jl Semarang-Boyolali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya