SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga mengisi bahan bakar di Pertashop. (Semarangpos.com-Pertamina MOR IV JBT)

Solopos.com, JAKARTA — Gemuknya anak usaha badan usaha milik negara yang kerap menuai kritik dijawab dengan baik oleh PT Pertamina (Persero). Sejak 10 bulan terakhir, Pertamina telah merampingkan jumlah anak perusahaannya dari 127 anak usaha kini menjadi 12 anak usaha.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa perampingan tersebut merupakan bagian dari restrukturisasi dan transformasi Pertamina menjadi holding migas. Dalam melakukan restrukturisasi ini, Pertamina juga mengacu pada benchmark perusahaan migas multinasional, seperti Petronas, British Petroleum (BP), hingga Exxon Mobil yang melakukan pengelompokan bisnis berdasarkan value chain dari hulu sampai hilir.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Konon Kerap Lari dari Tanggung Jawab

“Di bawah Pertamina ada enam subholding. Jadi yang tadinya di bawah Pertamina itu ada 127 anak perusahaan sekarang dengan struktur baru ini ada 12 anak perusahaan yang dikelola,” ujar Nicke dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR, Kamis (20/5/2021).

Dengan resturkturisasi tersebut, kata Nicke, terjadi streamlining sehingga memudahkan perseroan dalam melakukan pengelolaan dan penyusunan rencana strategis untuk seluruh bisnis Pertamina Grup.

Keputusan Lebih Cepat

Struktur organisasi perusahaan menjadi lebih ramping dan fokus sehingga pengambilan keputusan menjadi lebih cepat.

“Dari 11 direktorat di Pertamina, sekarang hanya ada lima direktorat dan ada fungsi integrater-nya. Dengan enam direksi, kami lakukan integrasi dan lakukan pengelolaan agar seluruh operasional perusahaan tetap berjalan, tapi lebih lean, pengambilan keputusan lebih cepat dan efisien,” katanya.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya