SOLOPOS.COM - Pemilik kerajinan kayu jati Duta Craftindo, Abdul Ghofur, saat memaparkan keuntungan menjadi UMKM mitra binaan Pertamina di Nirwana Stabel Resto Semarang, Rabu (9/9/2020). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG – Pertamina mengucurkan dana Rp13 miliar untuk membantu 174 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sepanjang 2020. Dana itu dilucurkan untuk membantu UMKM Jateng dan DIY meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha.

Nilai dana bantuan itu pun rencananya akan terus bertambah. Sesuai target, Pertamina akan mengucurkan dana Rp18 miliar hingga akhir tahun 2020 ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Manajer Unit Komunikasi dan CSR Pertamina MOR IV, Anna Yudhiastuti, mengatakan dana belasan miliar rupiah itu merupakan anggaran program kemitraan untuk UMKM di Jateng dan DIY. Tujuan program itu tak lain untuk membantu UMKM meningkatkan kemandirian dan pengembangan usahanya.

BKSDA dan IAR Indonesia Selamatkan Bayi Orang Utan Cedera Kaki

“Sejak Januari hingga Agustus 2020 telah bergabung 174 mitra binaan UMKM melalui Program Kemitraan Pertamina di wilayah Jateng dan DIY,” ujar Anna, Rabu (9/9/2020).

Selain membantu meningkatkan kemandirian dan pengembangan usaha, program tersebut juga bertujuan untuk merangkul UMKM, terutama yang kesulitan mendapatkan akses perbankan. “Seluruh BUMN ditugaskan kementerian untuk membantu para pelaku UMKM. Terutama yang kesulitan, sehingga nawa cita untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dapat tercapai,” jelas Anna.

Hingga Rp200 Juta

Setiap calon mitra binaa, lanjut Anna, bisa memperoleh nilai permodalan maksimal Rp200 juta, dengan jangka waktu maksimal tiga tahun. Adapun jasa administrasi dari permodalan itu mencapai 3% per tahun dan menurun mengikuti sisa pinjaman.

Hadapi Krisis Pangan di Era Pandemi Covid-19, Gali Potensi Talas!

Sedangkan sektor usaha program kemitraan mencakup perkebunan, pertanian, jasa, perdagangan, perikanan, dan lain-lain.

Satu dari pelaku UMKM yang menjadi mitra binaan Pertamina, Abdul Ghofur, mengaku mendapat manfaat besar dari program tersebut.  Pemilik usaha kerajinan Duta Craftindo di Desa Branjang, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, itu mengaku sejak bergabung dengan program Pertamina jadi bisa memasarkan produknya lebih luas.

“Manfaat yang saya rasakan banyak. Tidak hanya kemudahan dalam mendapatkan pinjaman, tapi juga mengembangkan usaha. Seperti diikutsertakan di berbagai pameran oleh Pertamina,” ujar Ghofur saat dijumpai Semarangpos.com--grup Solopos.com--di Nirwana Stabel Resto Semarang.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya