Pertamina EP Asset 4 Poleng Field Hanya Memproduksi Migas? Ini Faktanya

PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field selain berfokus pada eksplorasi dan eksploitasi/produksi minyak dan gas (migas), juga terus malaksanakan program corporate social responsibility (CSR).

 Foto Ilustrasi Kegiatan CSR PT Pertamina (Persero) tentang Konservasi Mangrove.

SOLOPOS.COM - Foto Ilustrasi Kegiatan CSR PT Pertamina (Persero) tentang Konservasi Mangrove.

Solopos.com, SURABAYA—PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field selain berfokus pada eksplorasi dan eksploitasi/produksi minyak dan gas (migas), juga terus malaksanakan program corporate social responsibility (CSR). Program itu untuk mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat. Perusahaan itu merupakan bagian PT Pertamina EP, anak usaha PT Pertamina.

Poleng Field adalah lapangan migas lepas pantai laut Madura, Jawa Timur yang masuk di Zona 11. Poleng Field juga menjadi bagian sumber migas di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa).

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Produksi minyak dan gas dari Poleng Field menjadi salah satu pemasok penyediaan migas nasional. Menurut data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi yang membawahi wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (SKK Migas Jabanusa), kontribusi produksi migas di Jabanusa, per 15 Juni 2022 adalah 25% dari produksi nasional untuk minyak dan 8% untuk gas bumi.

Produksi migas harian area Jabanusa (rata-rata year to date atau ytd), untuk minyak dan kondensat adalah 201.960,45 barel minyak/hari atau barrel of oil per day (BOPD) dari produksi nasional 616.571 BOPD. Sedangkan, untuk gas bumi sekitar 549,25 juta standar kaki kubik/hari atau million standard cubic feet per day (MMSCFD) dari produksi nasional 6.452 MMSCFD.

Senior Officer Communication Relation and CID Zona 11, Achmad Setiadi, mengatakan Poleng Field bukan hanya produksi tetapi juga memperhatikan masalah tanggung jawab sosial untuk masyarakat sekitar. Oleh karena itu program CSR dilaksanakan. Dia mengatakan CSR Poleng disesuaikan dengan wilayah operasinya, meliputi Gresik dan Madura.

Baca Juga: BPH Migas: Penyimpangan BBM Subsidi Capai 181.583 Liter

“Untuk di wilayah Gresik, kami lebih ke pendampingan masyarakat, khususnya di Desa Doudo. Ada pengembangan wisata. Harapannya dengan keunggulan di desa itu nantinya masyarakat atau desa tersebut bisa mandiri dan bisa mendapatkan benefit dari pengelolaan wilayah desanya.  Arahnya ke kesejahteraan masyarakat,” kata dia.

Selain itu, Poleng Field juga memperhatikan konservasi mangrove di wilayah pesisir Gresik, kegiatan penyediaan jamban untuk masyarakat di Surabaya, dan sebagainya.

Program CSR yang dilakukan biasanya memiliki batas waktu. Lokasi pendampingan yang dinilai sudah mampu berkembang secara mandiri akan dilepas pendampingannya. Dia mengatakan kegiatan CSR dilakukan sebagai tanggung jawab perusahaan.

Baca Juga: Ekspedisi Energi 2022 Dimulai, Ini Daftar Destinasinya

“Kami punya tanggung jawab kepada masyarakat di area operasi kami. Menjaga hubungan dengan masyarakat dan stakeholders,” lanjut dia.

Poleng Field menjadi salah satu tujuan dalam kegiatan Ekspedisi Energi 2022 yang digelar Solopos Media Group (SMG) dan didukung PT Adaro Energy Indonesia Tbk, SUN Energy, PT SHA Solo, Pertamina Patra Niaga, PT Geo Dipa Energi, Hyundai, PT Pertamina EP Asset 4 Poleng Field, PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO), Pembangkitan Jawa Bali (PJB), SKK Migas, dan Dinas ESDM Jawa Tengah.

Ekspedisi Energi 2022

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      + PLUS Olimpiade Informatika Sekaligus Belajar Seni dan Budaya Indonesia

      Penyelenggaraan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 di Kota Jogja, Provinsi Daerah Instimewa Yogyakarta, 7-15 Agustus 2022, menjadi arena pengenalan aneka ragam kesenian Indonesia kepada dunia.

      Berita Terkini

      Uniknya Tari Keling, Pemainnya Harus dari Dusun di Ponorogo

      Mengenal tari keling yang menjadi salah satu tari tradisional di Kabupaten Ponorogo.

      Jelang HUT Ke-77 RI, Lokomotif KA Dicuci & Dihias Bertema Kemerdekaan

      Menjelang HUT ke-77 Republik Indonesia, Komunitas Pecinta Kereta Api Lingkup Madiun atau Pecel +63 mencuci dan menghias lokomotif kereta api.

      Karyawan Disekap, Bos Perusahaan di Surabaya Dilaporkan ke Polisi

      Direktur Utama (Dirut) PT Meratus Line, Slamet Rahardjo, diduga menyekap seorang karyawannya bernama, Edi Setyawan.

      Terbanyak untuk Honor Panitia, Anggaran Pilkada Gunungkidul Rp73 Miliar

      Anggaran Pilkada 2024 di Kabupaten Gunungkidul diperkirakan mencapai Rp73 miliar.

      Tak Kuat Nanjak, Bus Pariwisata Angkut 28 Siswa di Malang Masuk Jurang

      Sebuah bus pariwisata yang mengangkut 28 siswa Mts mengalami kecelakaan, terperosok ke jurang di Desa Plandi, Wonosari, Kabupaten Malang.

      Baru Muncul ke Publik, Istri Mas Bechi Ternyata Habis Melahirkan

      Durottun Mahsunnah, istri Mas Bechi, terdakwa kasus pencabulan santriwati di Jombang, mengaku baru bisa muncul di depan publik karena baru saja melahirkan anak keempat.

      Istri Mas Bechi Sebut Banyak Pelakor yang Ingin Rebut Suaminya

      Durrotun Mahsunnah, istri anak kiai Jombang yang menjadi terdakwa kasus pencabulan dan kekerasan seksual terhadap santri, MSAT atau Mas Bechi, menyebut suaminya banyak disukai wanita.

      Siapkan Payung! Prakiraan Cuaca Madiun Sabtu: Hujan Tipis Siang Hari

      Berikut ini prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Sabtu 13 Agustus 2022.

      Forum Beasiswa Indonesia Gelar Kongres Ke-2, Bahas Isu Kontroversi Ini

      Komite Forum Beasiswa Indonesia menggelar Kongres Beasiswa Indonesia Ke-2 pada tanggal 19-23 Agustus 2022.

      Jelang HUT Ke-77 RI, Pemkot Madiun Bagikan 5000 Bendera Merah Putih

      Pemkot Madiun bagikan 5000 bendera merah putih kepada warga menjelang perayaan HUT Kemerdekaan ke-77 RI.

      Tampil di Publik, Istri Mas Bechi Sebut Suaminya hanya Korban Fitnah

      Durrotun Mahsunnah, istri terdakwa kasus pencabulan Moch Subchi Azal Tsani (MSAT) alias Mas Bechi, berbicara mengenai kasus pencabulan yang menjerat suaminya.

      Suap "Ketok Palu" APBD, KPK Tahan Mantan Wakil Ketua DPRD Tulungagung

      Komisi Pemberantasan Korupsi menahan mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tulungagung, Agus Budiarto, sebagai tersangka dalam kasus suap "ketok palu" APBD.

      Uniknya Bersih Desa di Madiun, Sembelih Kambing Kendit untuk Tolak Bala

      Masyarakat di Dusun Ngrawan, Desa/Kecamatan Dolopo, Madiun, menyembelih kambing kendit dalam tradisi bersih desa.

      Didampingi 3 Kuasa Hukum, Gus Samsudin Diperiksa terkait Pesulap Merah

      Pimpinan Padepokan Nur Dzat Sejati Blitar, Samsudin Jadab atau Gus Samsudin, mendatangi Polda Jawa Timur untuk menjalani pemeriksaan, Jumat (12/8/2022).

      Lahir dari Rahim NU, Ini Sejarah Berdirinya Perguruan Silat Pagar Nusa

      Berikut ini sejarah berdirinya perguruan silat Pagar Nusa.