Tutup Iklan

Pertamina Dorong Kendaraan Diesel Pakai Dex Series Biar Kinerja Optimal

Dexlite maupun Pertamina Dex telah teruji mampu menghasilkan performa mesin kendaraan yang optimal, juga lebih ramah lingkungan.

 Ilustrasi petugas SPBU mengisikan BBM ke mobil konsumen. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi petugas SPBU mengisikan BBM ke mobil konsumen. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Pertamina terus mendorong masyarakat maupun konsumen untuk menggunakan produk bahan bakar minyak (BBM) berkualitas, tanpa terkecuali BBM jenis gasoil yang dikhususkan untuk kendaraan diesel, yaitu produk Dexlite maupun Pertamina Dex.

Kedua produk Dex Series tersebut telah teruji mampu menghasilkan performa mesin kendaraan yang optimal, juga lebih ramah lingkungan. Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Resposibility (CSR) PT Pertamina Patra Niaga Jawa bagian Tengah Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho, mengungkapkan kualitas BBM gasoil dapat dilihat dari nilai Cetane Number (CN) setiap produk.

“Dexlite memiki CN 51 sementara Pertamina Dex CN 53. Semakin tinggi nilai CN maka semakin tinggi juga performa yang dihasilkan oleh mesin kendaraan,” ungkap Brasto dalam keterangan pers, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Jos, Dirut Pertamina Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Menurutnya, produk Dex Series juga menghasilkan pembakaran lebih sempurna, sehingga mampu membersihkan ruang mesin dari karat dan kerusakan. “Sehingga mesin lebih awet dan bebas karat akibat pembakaran yang tidak sempurna,” tambahnya.

Selain itu, Brasto menambahkan Dexlite dan Pertamina Dex masuk ke dalam kategori BBM ramah lingkungan, karena kandungan sulfur pada gas buang lebih rendah. “Oleh karena itu, penggunaan produk Dex Series mampu menjaga lingkungan tetap bersih dari polusi udara,” tandasnya.

Konsumsi Dex Series Meningkat

Brasto menuturkan Pertamina terus melakukan serangkaian edukasi dan aktivasi untuk meningkatkan tingkat konsumsi BBM diesel berkualitas, yaitu Dex Series. Hal itu terlihat dari tingkat konsumsi yang kian meningkat dari waktu ke waktu.

“Dalam kurun waktu satu tahun terakhir 2020 hingga 2021, ada peningkatan konsumsi Dex Series yang signifikan hingga 17% di Regional Jawa Bagian Tengah yang meliputi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta,” ujar Brasto.

Baca juga: 2 Keuntungan Beli BBM Pakai Aplikasi My Pertamina

Peningkatan tersebut bukan hanya dari kenaikan angka konsumsi Dex Series, tapi juga dilhat secara proposional BBM jenis gasoil.

“Secara proporsi BBM gasoil, Dex Series di Regional Jawa Bagian Tengah terus alami peningkatan dalam 3 tahun terakhir, yaitu 2,9% pada tahun 2019, 3,1% pada tahun 2020, dan 3,3% pada tahun 2021,” tandasnya.

Menurut Brasto, peningkatan konsumsi Dex Series seiring dengan peningkatan kesadaran masyarakat maupun konsumen akan penggunaan BBM yang berkualitas. Dia juga mengimbau agar masyarakat dapat semakin cerdas dan bijak lagi untuk memilih BBM, terutama produk BBM diesel lainnya, yaitu solar yang merupakan produk subsidi atau Jenis BBM Tertentu (JBT).

Baca juga: Pengumuman Lur, Pertamax Turbo dan Pertamina Dex Naik Harga


Berita Terkait

Espos Plus

Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

+ PLUS Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

Sekolah informal seperti kursus dan pelatihan keterampilan tertentu akan semakin mengadopsi sistem daring. Penyelenggara edtech akan lebih untung jika masuk pasar kursus dan berbagai jasa pelatihan.

Berita Terkini

Ada Isu Pelabelan BPA Galon, Produksi AMDK Diproyeksi Tetap Tumbuh

Diterpa rencana pelabelan Bisfenol A pada galon isi ulang, Asosiasi Pengusaha Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) tetap memproyeksikan pertumbuhan produksi.

Wanita Berpengaruh Dunia, Ini Peringkat Sri Mulyani dan Nicke Widyawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati masuk daftar perempuan paling berpengaruh di dunia.

UBS Menguat, Simak Harga Emas Pegadaian Kamis 9 Desember 2021

Pergerakan harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Kamis (9/12/2021) menguat untuk cetakan UBS, sedangkan cetakan Antam cenderung stagnan.

Astra Dukung Sayembara Kampung Tangguh Jaya 2021, Ini Tujuannya

Astra bersama Polda Metro Jaya pada hari ini (8/12/2021) mengadakan acara puncak Sayembara Kampung Tangguh Jaya (KTJ) 2021 yang bertajuk Piala Kapolda Kampung Tangguh Jaya.

BPJS Watch Minta Iuran Peserta Kelas 3 Tetap Rp35.000

Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar berharap besaran iuran yang bakal ditetapkan dapat terjangkau oleh peserta mandiri.

Moduit Raih Penghargaan Most Innovative Mutual Wealth Tech

Moduit telah memiliki lisensi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD), penasihat investasi, dan Agen Perantara Pedagang Efek (APPE) dari OJK, serta mengakomodasi distribusi SBN.

PPKM Level 3 Nataru Dibatalkan, Ini Dampaknya untuk Pelaku Usaha

Pelaku usaha optimistis mampu memaksimalkan aktivitasnya dengan adanya penerapan PPKM yang disesuaikan dengan masing-masing daerah.

Mudah Kok, Begini Cara Membeli Rumah Lelang di BTN

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) menggelar pameran lelang massal bertajuk BTN Lelang Properti Expo 2021 dengan melibatkan 25 kantor cabang perseroan.

Akhir Tahun, Garuda Indonesia Obral Tiket Pesawat Diskon 80 Persen

PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) bersama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) menggelar Travel Fair baik secara offline maupun online jelang akhir tahun ini.

Siap-Siap! PBB dan Pajak Kendaraan akan Naik, Segini Tarifnya

Tarif pajak bumi dan bangunan akan meningkat seiring berlakunya Undang-Undang tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah atau UU HKPD..

Naik Fluktuatif, Harga Cabai Rawit Merah di Solo Tembus Rp60.000/Kg

Kenaikan harga cabai rawit merah disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya cuaca buruk serta panen tidak maksimal akibat gangguan hama tikus berskala besar sehingga cabai terpaksa dipanen dini.

Layanan Setor Tarik BI Berakhir 27 Desember 2021, Buka Lagi Tahun Depan

Layanan penukaran ritel berakhir pada 16 Desember 2021, namun untuk layanan uang rusak, cacat, dan lusuh, serta uang yang dicabut dan ditarik dari peredaran beroperasi secara normal.

Manajemen Pastikan Tagar Boikot JNE Tak Terkait dengan Harbolnas 12.12

JNE memastikan bahwa tagar Boikot JNE yang sempat ramai di jagat Twitter baru-baru ini tidak ada kaitannya dengan momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12.

Keren, 7 Pasar Rakyat Ini Diganjar Anugerah SNI dari Kemendag

Anugerah ini bukan hanya sebagai penghargaan untuk pasar rakyat, tapi juga sebagai kelayakan dan penghormatan terhadap yang disebut dengan standardisasi.

Harga Minyak Goreng Naik Terus, Mendag Didesak Intervensi Pasar

Wakil Ketua Komisi VI DPR Martin Manurung geram atas kenaikan harga minyak goreng di pasaran yang masih belum terkontrol.