SOLOPOS.COM - DILUNCURKAN-Mobil operasional Keluarga Berencana (KB) diluncurkan saat peringatan Hari Ibu ke-83 di Balaikota Solo (Foto: Avrilia/SPFM)

Jakarta–Pertamina Hulu Energi (PHE), Chevron Indonesia Company dan ENI Indonesia Ltd  telah menandatangani kerjasama pengembangan produksi migas di Selat Makassar. Kerjasama ini dituangkan dalam Indonesian Deepsea Drilling (IDD).

“Kami telah menandatangani joint development dengan para pemegang interest di sana,” ujar Pelaksana Tugas Harian Presiden Direktur, PHE, Dwi Martono, Minggu (20/6).

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

IDD merupakan proyek pengembangan produksi minyak dan gas laut dalam di selat Makassar yang melibatkan empat Production Sharing Contract (PSC) dan mencakup lima lapangan, diantaranya  Bangka, Gehem, Gendalo, Maha dan Gandang. Kedalaman seabed sekitar 2.200 meter di bawah permukaan laut.

Adapun pihak-pihak yang terlibat adalah Chevron Indonesia Company, Chevron Makaar, Ltd., Chevron Ganal, Ltd., Chevron Rapak Limited, Eni Ganal Limited, Eni Muara Bakau, B.V., dan Gaz De France Indonesia, B.V, dan PT Pertamina Hulu Energi yang memiliki 10% di Makassar Strait.

Nilai total investasi (Capex) selama umur proyek hingga tahun 2028 sebesar US$ 7 miliar. Kebutuhan investasi ini berdasarkan rencana pengembangan (Plan of Development/PoD) yang dibuat tahun 2007. Rencananya pada tahun 2012 akan dilakukan Final Investment Decision untuk memutuskan apakah proyek terus dikembangkan atau diterminasi.

IDD ini diharapkan bisa mulai menyumbang produksi menyumbangkan produksi gas pada tahun 2016 dengan peak production di tahun 2018 sebesar 800 MMSCFD dan 75% dari gas yang diproduksi akan diekspor dalam bentuk LNG ke Jepang yang mana saat ini sudah ada POA (Principle of Agreement) dengan pembeli di Jepang.

Saat ini proyek sedang melaksanakan review PSDM dan FEED (Front End Engineering Design) yaitu studi dan perancangan peralatan yang akan diinstal meliputi FEED Subsea well, FEED FPU (Floating Production Unit), FEED Driling dan FEED Mooring.

dtc/isw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya