SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA: PT Pertamina (Persero) menyatakan telah menyiapkan dana untuk merealisasikan pembelian 37,15 persen saham PT Elnusa Tbk yang kini dimiliki PT Tri Daya Esta.

“Kita sudah siapkan dana untuk itu (pembelian), dan telah menunjuk Danareksa Sekuritas sebagai penasehat keuangan pembelian itu,” kata Direktur Keuangan Pertamina Frederick S.T Siahaan, usai mengikuti Rapat Kerja Menteri Negara BUMN dengan Komisi VI DPR-RI, di Gedung MPR/DPR, di Jakarta, Kamis dinihari.

Promosi Cerita Penjual Ayam Kampung di Pati Terbantu Kredit Cepat dari Agen BRILink

Pertamina mesti bersaing dengan tiga perusahaan lain untuk membali saham Elnusa. Ketiganya yaitu Northstar Pacific (AS), Petronas (Malaysia), dan Nippon Oil Corp (Jepang).

Menurut Frederick, Danareksa Sekuritas sebagai penasehat keuangan masih terus mengkaji rencana pembelian tersebut.Hingga kini Danareksa belum memberikan masukan karena memang diberikan waktu hingga 25 Mei 2009.

Pertamina sendiri saat ini meiliki saham di Elnusa sebesar 41,1 persen. Sisanya adalah Tri Daya Esta 37,15 persen, PT Danareksa Daiwa NIF Ventures 1,17 persen, PT Danareksa 0,39 persen, karyawan Elnusa 0,12 persen, Yayasan Hari Tua Elnusa 0,05 persen, Koperasi Karyawan Elnusa 0,01 persen, sedangkan sisanya 21,75 persen dikuasai publik.

Elnusa adalah perusahaan jasa pengeboran yang sahamnya tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 6 Februari 2008. Tri Daya Esta berniat melepas kepemilikan sahamnya senilai 92 juta dolar AS atau setara dengan Rp315 per saham. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya