Tutup Iklan

Pertamina Bagikan Kacamata Gratis untuk Anak Rabun Jauh

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Pertamina melalui program corporate social responsibility (CSR) memberikan edukasi mengenai pentingnya peduli kesehatan mata sejak dini kepada para siswa dua sekolah dasar di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni SDN Kalongan I dan SDN Sorogenen I.

Pertamina melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Adi Sutjipto memberikan edukasi mengenai menjaga kesehatan mata dan menanggulangi kerusakan mata sejak dini. Pertamina dalam kesem,patan itu juga memberikan tes mata dan kacamata gratis bagi anak yang diagnosis rabun jauh.

Operation Head DPPU Adi Sutjipto Agus Rudiyanto sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Minggu (27/1/2019), mengatakan bahwa program tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian sekaligus membuktikan kepada stakeholder bahwa DPPU Adi Sutjipto berkomitmen dalam meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat di daerah operasionalnya.

“Program-program CSR yang kami berikan selalu kami evaluasi dan kami sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar, fenomena maraknya anak sekolah yang kecanduan gadget menjadi alasan kami memasukan kegiatan ini dalam program CSR kami,” jelas Agus.

Bentuk lain kepedulian Pertamina pada kesehatan dan gizi masyarakat juga diwujudkan oleh Pertamina Terminal BBM Rewulu dengan melaksanakan program kesehatan di Kabupaten Bantul, yaitu Superhero’s Stamina (semua harus mengurangi hipertensi dan faktor risiko bersama MMSA X Pertamina) dan Stamina on Studi (MMSA X Pertamina Stop Ulangi Diabetes) yang dilaksanakan di Dusun Karang Lo, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu.

Berdasarkan hasil social mapping yang dilakukan oleh Pertamina TBBM Rewulu, banyak warga di Desa Argomulyo yang memiliki riwayat penyakit diabetes dan hipertensi karena pola hidup yang kurang sehat. Karena itulah Pertamina TBBM Rewulu melakukan program penyuluhan kepada warga tentang edukasi penyakit diabetes dan bagaimana pola hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit tersebut.

Program penyuluhan di Dusun Sengon dan Dusun Karanglo, Desa Argomulyo, Kabupaten Bantul tersebut dilaksanakan sejak November 2018 hingga Februari 2019.  Program Superhero’s Stamina meliputi senam hipertensi, penyuluhan oleh dokter pemeriksaan gratis. penyuluhan oleh Hidayatul Kurniawati dengan materi hipertensi dan faktor risiko dimulai dan diakhiri dengan soal pre-post test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan terkait hipertensi. Terakhir rangkaian ditutup dengan pemeriksaan gratis yang meliputi tekanan darah, gluko check, asam urat, dan kolestrol.

Sementara program Stamina on Studi (MMSA X Pertamina Stop Ulangi Diabetes) yang dilaksanakan di Dusun Karang Lo, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu diisi dengan kegiatan penyuluhan yang mengundang dr. Sashy Tinartayu yang merupakan dosen di UMY yang memberikan materi tentang diabetes dan pada kegiatan akhir diaadakan pemeriksaan gratis yang dilakukan oleh panitia untuk peserta dari warga Dusun Karanglo.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta Andar Titi Lestari menambahkan bahwa dari semua kegiatan tersebut merupakan bukti bahwa Pertamina berupaya untuk memberikan positif bagi percepatan pencapaian target Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di masyarakat.  “Menerapkan pola hidup dan pola makan dengan gizi yang seimbang akan meningkatkan usia harapan hidup masyarakat,” demikian Andar Titi Lestari.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Espos Premium

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

Beda dengan tahun lalu, saat perjalanan bisnisnya gelagepan. Seperti terkena virus corona bergejala berat. Kesulitan bernapas, seperti orang berenang mau tenggelam. Tapi tahun ini ceritanya lain.

Berita Terkini

Doa Supaya Lancar Menagih Utang dan Biar Cepat Dilunasi Menurut Islam

Berikut ini terdapat doa supaya lancar menagih utang menurut ajaran Islam biar cepat dilunasi oleh pengutang.

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Perhatikan 5 Kriteria Ini Harus Ada pada Perawat Orang Lansia

Mencari perawat yang cocok dan tepat untuk orang lansia memang tidak selalu mudah.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Lirik Lagu Ungkapan Hati - Aurel Hermansyah

Berikut ini lirik lagu Ungkapan Hati dari Aurel Hermansyah, yang telah tayang pada Minggu, 21 November 2021 di Youtube.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Harta Karun Ribuan Koin Perak Kuno Ditemukan di Sungai Jerman

Tumpukan 5.600 koin perak dari Kekaisaran Romawi yang diperkirakan berusia hampir 2.000 tahun telah ditemukan di Jerman.

Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Sebanyak 93 persen paket pengadaan barang dan jasa Pemkab Sukoharjo sudah terlelang berkat aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SIRUP.

Bekuk Watford, Chelsea Tetap Puncaki Klasemen Liga Inggris

Chelsea sukses mempertahankan posisi puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris setelah mengalahkan Watford.

Hasil Liga Inggris: Liverpool Gasak Everton 4-1

Liverpool sukses melumat sang tetangga, Everton, pada pekan ke-14 Liga Premier Inggris.