SOLOPOS.COM - Warga melintas di dekat lahan yang mulai digarap untuk pembangunan jalan tol Solo-Jogja di wilayah Kecamatan Karanganom belum lama ini. (Solopos.com/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Ruas Tol Solo-Jogja bakal dilengkapi jalur khusus sepeda. Tol Solo-Jogja bakal menjadi yang pertama setidaknya di Pulau Jawa yang dilengkapi dengan jalur khusus sepeda.

Jalur ini diharapkan dapat menghubungkan wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Usulan tersebut disampaikan Pemkab Klaten melalui Bupati Sri Mulyani. Usulan itu pun direspons positif oleh pihak pengembang Tol Solo-Jogja.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

General Manager Lahan dan Utilitas PT JMM, Muhammad Amin, mengatakan jalur khusus sepeda bakal dibuat di sepanjang jalan tol Solo-Jogja.

Amin berharap jalur khusus sepeda itu bisa dibuat di sepanjang ruas jalan tol Solo-Jogja seksi 1 antara Kartasura-Purwomartani.

“Minimal yang di Jawa Tengah mulai dari Karanganyar-Boyolali-Klaten. Tetapi kami berharap bisa sampai ke Purwomartani [Sleman, DIY],” jelas dia, Senin (11/7/2022).

Baca juga : Waspada Gempa & Tsunami di Pesisir Selatan Jawa

Amin menjelaskan panjang jalan tol Solo-Jogja seksi 1 Kartasura-Purwomartani sekitar 42 km. Sementara, ruas jalan tol Solo-Jogja dari Kartasura-Klaten sekitar 35 km.

Wakil Bupati (Wabup) Klaten, Yoga Hardaya, mengatakan usulan itu disampaikan mempertimbangkan lahan yang dibebaskan cukup lebar. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo turut mendukung usulan tersebut.

Yoga menjelaskan jalur khusus sepeda di sepanjang ruas jalan tol terutama di wilayah Klaten bisa dimanfaatkan area olahraga terutama bersepeda sekaligus berwisata. Akses menuju ke jalur sepeda tersebut bisa melalui rest area.

Baca juga : 4 Fakta Direktur PDAM Solo Diduga Cabul, Siswi SMA Jadi Korban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya