SOLOPOS.COM - Calhaj Lansia asal Kabupaten Sukoharjo menerima vaksinasi corona di RS Ortopedi Kartasura, Selasa (23/3/2021). (Solopos-Indah Septiyaning W.)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Sebanyak 302 calon jemaah haji (calhaj) asal Sukoharjo berusia diatas 60 tahun atau lanjut usia (lansia) menjalani vaksinasi Covid-19 di Rumah Sakit Orthopedi Prof. Dr. R. Soeharso Kartasura, Sukoharjo pada Selasa (23/3/2021).

Vaksinasi bagi calhaj lansia ini kali pertama dilakukan di wilayah Jawa Tengah. Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo Ihsan Muhadi mengatakan vaksinasi Corona tahap pertama diberikan bagi calhaj lansia diatas 60 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Dari total calhaj asal Sukoharjo sebanyak 839 orang, masuk kategori lansia diatas 60 tahun ada 302 orang. Mereka menjadi sasaran vaksinasi calhaj lansia," kata dia ketika dijumpai Solopos.com, di sela pencangangan vaksinasi calhaj lansia.

Baca juga: Dulu Kumuh, Bantaran Sungai di Pulosari Sukoharjo Jadi Taman Cantik, Ada Perahu Hlo...

Ekspedisi Mudik 2024

Vaksinasi calhaj lansia dilaksanakan selama dua hari, yakni Selasa-Rabu (23-24/3/2021). Vaksinasi calhaj lansia ini diberikan sesuai koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) setempat. Sementara bagi calhaj dibawah usia 60 tahun, pemberian vaksinasi masih menunggu instruksi lebih lanjut dari Kementerian Kesehatan.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengatakan pemberian vaksinasi calhaj lansia diberikan meski belum ada kepastian pemberangkatan jemaah haji oleh pemerintah. Setelah di tahun 2020 pemberangkatan haji ditunda pemerintah karena pandemi Covid-19.

"Hari ini pemberian vaksinasi calhaj lansia dilakukan bekerja sama dengan RS Ortopedi Kartasura Sukoharjo," katanya.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sukoharjo Kaji Uji Coba Sekolah Tatap Muka SMP

Etik mengatakan pemberian vaksinasi calhaj lansia merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Corona. Sebab untuk mengatasi dampak Covid-19 dilakukan dengan berbagai upaya, tidak hanya melaksanakan protokol kesehatan namun juga vaksinasi.

Harapan Berjalan Lancar

Di Sukoharjo sendiri vaksinasi Corona sudah dilaksanakan sejak 23 Januari lalu. Vaksinasi Corona diawali kepada tenaga kesehatan (Nakes). Kemudian di tahap kedua ini sasaran vaksinasi Corona dilakukan pada pelayanan publik dan warga lansia. Termasuk sasaran calhaj lansia sebanyak 302 orang.

"Mudah-mudahan ini berjalan lancar dan memberikan harapan untuk memenuhi syarat bisa menuju Tanah Suci," katanya.

Baca juga: Tak Banyak Yang Tahu, Ini Manfaat Pelican Crossing Depan Pasar Ir Soekarno Sukoharjo

Direktur RS Ortopedi, DR. dr. Pamudji Utomo SpOT (k) mengatakan vaksinasi Corona merupakan rangkaian dari upaya mencegah dan penyebaran Covid-19. Dimana RS Ortopedi dalam penanganan kasus Covid-19 juga menyediakan layanan perawatan khuus corona.

"Ada ICU, HCU dan ruang isolasi dengan ketersediaan 47 persen dari jumlah tempat tidur di RS Ortopedi. Angka ini lebih tinggi dari arahan Kemenkes sebesar 30 persen," katanya.

Saat ini pelayanan juga dilakukan dengan menyiapkan tenaga kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi Corona. Selain menyiapkan sumber daya manusia, juga sarana dan prasarana seperti tempat penyimpanan vaksin. Hal ini agar pemanfaatan vaksinasi bisa optimal.

"Tahap saat ini vaksinasi Corona dilakukan pada calhaj lansia asal Sukoharjo dengan sasaran 302 orang. Vaksinasi ini dilaksanakan sampai Rabu besok," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya