SOLOPOS.COM - Kapolda Jateng, Irjen Pol. Ahmad Luthfi. (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, MAGELANG -- Kepolisian Daerah Jawa Tengah mulai menempatkan personel di 14 lokasi untuk mengedukasi masyarakat tentang larangan mudik Lebaran 1442 H.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Magelang, Kamis (16/4/2021) seperti dikutip Antara, mengatakan hal ini dilakukan mengingat Jawa Tengah, merupakan salah satu sentral mudik Lebaran.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Kapolda menyampaikan hal tersebut seusai memberikan arahan dalam rangka pengecekan dan kesiapan penyekatan jalur mudik Lebaran tahun 2021 di Hotel Grand Artos Magelang.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga : Modal 8 Sapi, Kelompok Tani Maju Makmur Magelang Kembangkan Pupuk Organik

Nantinya Polda Jateng akanmenggelar Operasi Ketupat Candi 2021 yang akan berlangsung pada H-7 hingga H+7 Lebaran. Bersamaan dengan itu, pemerintah sudah menyampaikan perihal larangan mudik Lebaran.

"Semuanya tahu bahwa Jateng akan menjadi sentral mudik Lebaran, oleh karena itu jauh-jauh hari khususnya jalur yang akan dilintasi baik tol maupun bukan tol. Kami lakukan kegiatan-kegiatan kepolisian yang sifatnya edukasi, kemudian peringatan dan sebagainya dengan prinsip protokol kesehatan sebagai prioritas," katanya.

Pemudik nantinya diminta kembali menuju daerah asal oleh personel di lapangan. "Kalau lintas batasnya hanya di wilayah yang kira-kira se-kota itu dimungkinkan masyarakat tidak mudik, tapi hanya antarkerja, tetapi kalau durasinya adalah plat nomor yang jauh dari wilayah Jateng pasti mudik. Perintahnya enggak ada lain kecuali harus kembali," katanya.

Baca Juga : Desa Jamuskauman Magelang Jadi Kampung Siaga Candi

Polda Jateng akan melakukan penyekatan di 14 titik masuk menuju wilayah Jawa Tengah. Penyekatan ini dilakukan di daerah perbatasan mulai dari Brebes sampai perbatasan Jawa Timur. Kemudian, ada Cilacap, Blora maupun lainnya.

Sebelum dilangsungkan Operasi Ketupat Candi 2021, katanya saat ini sejumlah personel telah ditempatkan di sentral-sentral pos yang ada. Keberadaan personel ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat perihal larangan mudik Lebaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya