Anggota linmas melakukan latihan fisik. (Solopos-Sunaryo Haryo Bayu)

Solopos.com, SOLO -- Ratusan anggota perlindungan masyarakat (linmas) Kota Solo akan mendapatkan seragam baru dan kenaikan insentif dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

“Ini sedang kami bahas detailnya seperti apa bersama TAPD Solo,” tutur Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solo, Sugeng Riyanto, saat diwawancarai solopos.com, Kamis (7/11/2019).

Politikus Partai Keadilan Sosial (PKS) tersebut menjelaskan alokasi anggaran untuk pengadaan seragam baru linmas sekitar @Rp1 juta. Penganggaran dana untuk pengadaan seragam baru anggota linmas mendasarkan kondisi banyaknya seragam linmas yang sudah jelek.

“Kalau kita cermati di lapangan warna seragam kawan-kawan linmas ini banyak yang sudah buram. Sebagai bentuk perhatian dan untuk memotivasi kinerja mereka, kami anggarkan pengadaan seragam baru tahun depan,” urai dia.

Selain pemberian seragam baru, menurut Sugeng akan ada kenaikan insentif kerja bagi para petugas linmas. Tapi pemberian seragam baru dan kenaikan insentif hanya berlaku bagi personel linmas yang sudah punya surat keputusan (SK).

“Jumlahnya kurang dari 500 personel. Mereka mendapatkan honor atau insentif setiap kali masuk kerja, bukan sistem gaji bulanan. Tahun depan kami naikkan menjadi Rp75.000 untuk danton, dan Rp60.000 untuk anggota,” terang dia.

Di sisi lain, sebanyak 200 personel Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Solo juga akan mendapat seragam baru tahun depan. Besaran alokasi anggaran seragam baru personel Satpol PP Solo @Rp950.000 hingga @Rp1.150.000.

Mereka terdiri 143 personel berstatus tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK) dan 57 personel berstatus aparatur sipil negara (ASN).

Kabid Timbumtranmas Satpol PP Solo, Agus Sis Wuryanto, menjelaskan selama ini 147 personel Satpol PP berstatus TKPK baru memiliki satu stel seragam pengadaan dari APBD Solo. Tapi karena kebutuhan di lapangan mereka akhirnya membeli sendiri satu hingga dua stel seragam lainnya.

Dengan pemberian seragam baru diharapkan mereka bisa meningkatkan kinerja dalam penegakan berbagai peraturan daerah. Menurut Agus sebenarnya juga ada rencana untuk meningkatkan honor bulanan dalam APBD Solo tahun 2020.

Tapi hingga saat ini belum ada lampu hijau untuk menyetujui usulan peningkatan honor tersebut. Alasannya karena keterbatasan anggaran. Saat ini honor petugas Satpol PP Solo Rp2.035.000 dipotong iuran BPJS Rp21.000.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten