SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sumenep— Sebanyak 25 personel Satuan Brimob Polda Jawa Timur,  Sabtu siang (12/6), diberangkatkan ke Kepulauan Kangean, Kabupaten Sumenep, Madura untuk membantu mengamankan pemilu kepala daerah di wilayah itu.

Kabag Operasional Polres Sumenep, Kompol Edy Purwanto menjelaskan, untuk kepentingan pengamanan pilkada, pihaknya mendapat dukungan personel dari Satuan Brimob sebanyak dua pleton atau sekitar 60 orang.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

“Untuk sementara, personel Brimob yang sudah datang ke Sumenep sebanyak 25 anggota dan langsung diberangkatkan ke Kepulauan Kangean dengan menggunakan kapal. Mereka memang diperbantukan untuk membantu pengamanan pilkada di Kepulauan Kangean,” katanya di Sumenep.

Dua pleton Satuan Brimob Polda Jatim yang ditugaskan untuk mengamankan pilkada di Sumenep berstatus bawah kendali operasional (BKO) pimpinan polres setempat.

“Puluhan anggota Satuan Brimob lainnya akan datang ke Sumenep pada hari Minggu (13/6) dan rencananya akan disebar di sejumlah kecamatan di wilayah daratan,” katanya menuturkan.

Selain Brimob, kata Edy, pihaknya juga akan mendapat dukungan personel dari Polwil Madura dan tiga polres lainnya di Madura, yakni Polres Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan.

“Personel dari Polwil Madura dan tiga polres lainnya di Madura yang di-BKO-kan ke Polres Sumenep dijadwalkan datang pada hari Minggu,” katanya menambahkan.

Jumlah personel dari Polwil Madura dan tiga polres lainnya di Madura yang diperbantukan mengamankan Pilkada Sumenep sebanyak 399 orang.

Rinciannya, Polwil Madura sebanyak 13 orang, Polres Bangkalan sebanyak 125 orang, Polres Sampang sebanyak 101 orang, dan Polres Pamekasan sebanyak 160 orang.

“Personel yang berasal dari Polwil Madura dan tiga polres lainnya di Madura ditugaskan mengamankan pilkada di 18 kecamatan di wilayah daratan dan satu kecamatan kepulauan terdekat, yakni Kecamatan Talango,” kata Edy menjelaskan.

Sumenep memiliki 27 kecamatan dan sembilan diantaranya berada di wilayah kepulauan.    Secara keseluruhan, jumlah polisi yang dilibatkan dalam pengamanan pilkada di Sumenep sebanyak 1.191 orang.

Pilkada Sumenep yang dilaksanakan pada 14 Juni 2010 diikuti delapan pasangan calon.KPU Sumenep mencatat sebanyak 884.631 pemilih akan menggunakan hak pilihnya di 2.128 tempat pemungutan suara yang tersebar di 27 kecamatan.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya