Persis Solo Vs Persib Bandung: Kekalahan Pertama di Kandang Baru
Laga Persis Solo vs Persib Bandung seusai peresmian Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020) malam. (Solopos-Wahyu Munawar)

Solopos.com, SOLO -- Persis Solo harus mengakui keunggulan Persib Bandung pada laga persahabatan di Stadion Manahan Solo, Sabtu (15/2/2020) malam. Laskar Sambernyawa menelan kekalahan 0-2 atas Maung Bandung.

Pada laga tersebut, Persis memang kalah kelas dari rivalnya sehingga mereka tak mampu membalas sebiji gol pun ke gawang lawan. Namun, anak asuh Salahudin membuktikan mereka mampu menunjukkan permainan yang menghibur.

Gol pertama Persib Bandung dicetak oleh Beckham Putra. Tendangan parabolanya pada menit ke-11 tak mampu diantisipasi kiper Persis Solo, Muh Sendri Johansah.

Manchester City Dilarang Tampil di Eropa 2 Tahun, Terancam Senasib Juventus 2006

Persis berusaha membalas. Bek kanan Persis, Andre Eka, sempat membuka peluang dengan umpan lambung dari sisi kiri pertahanan lawan pada menit ke-14. Namun, umpan manis itu belum berhasil dikonversi menjadi gol.

Petaka justru dialami Persis Solo. Bek tengah M Alaik Sobrina melakukan pelanggaran di kotak penalti pada menit ke-16. Wasit menghadiahkan tendangan penalti kepada Persib dan Zulham Zamrun yang bertugas menjadi eksekutor sukses menjalankan tugasnya.

Saat menghadapi eksekusi penalti, Sendri sebenarnya mampu membaca arah bola. Sayangnya dia gagal memblok tendangan ke sisi kiri gawang yang dia kawal.

Ucapan Mendalam Rudy: PDIP Tak Boleh Dicabik, Cukup Satu yang Berkorban

Persis Solo belum patah semangat meski tertinggal. Mereka melakukan sejumlah upaya untuk mencetak gol. Dua di antaranya dilakukan penyerang sayap Nanang Asripin.

Tendangan langsung Nanang ke arah gawang bisa diblok bek lawan maupun kiper lawan. Sedangkan tendangan bebas di luar kotak penalti oleh Hapidin yang mengarah ke gawang juga berhasil ditepis I Made Wirawan.

Di babak kedua, sejumlah amunisi baru diturunkan seperti Bruno Casimir, Engelberd Sani, Rishadi Fauzi, Gufroni Al Maruf, dan Syahroni. Mereka menggantikan Susanto, Nanang Asripin, Hapidin, Tri Handoko, dan Irfan Afghoni.

Ironi Indonesia: Kekayaan 4 Konglomerat Setara 100 Juta Penduduk

Di sisi lain, Persib mengganti sejumlah penggawanya. Zulham Zamrun diganti Erwin Ramdani, Ghozali diganti Frets Listanto Butuan, dan Beckham diganti Gianzola.

Meski terjadi jual-beli serangan, tak ada gol tambahan yang tercipta di babak kedua. Skor 0-2 untuk kemenangan Persib bertahan hingga pertandingan usai.

Panik

Pelatih Persis, Salahudin, mengatakan banyak evaluasi yang mereka dapatkan dari laga tersebut. Menurutnya, para pemain masih dalam program latihan fisik sehingga banyak materi yang belum diberikan kepada pemain. "Ke depan saya yakin anak-anak bermain lebih baik lagi," ujarnya saat jumpa pers seusai laga.

Kisah Mahasiswa Indonesia Hindari Virus Corona di Wuhan dengan Makan Chiki

Salahudin menilai dua gol yang masuk ke gawang mereka terjadi karena paniknya lini belakang. Menurutnya, sebelum bermain ia sudah menginstruksikan agar pemain terdekat dengan bola mengkaver bola tersebut.

"Tapi mereka bola jatuh di belakang baru mereka lari. Gol kedua juga sama," tutur eks pelatih Barito Putera itu.

Pemain Persis, Iman Budi Hernandi, mengatakan dirinya yakin pada saat Liga mereka bisa menuai hasil karena sejauh ini masih banyak yang belum mereka dapatkan. "Lebih baik kekurangan-kekurangan pada uji coba, biar lebih baik ke depan," kata dia.

Didampingi Rudy, Jokowi Resmikan Stadion Manahan Solo

Sementara itu, Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, menilai Persis sudah menampilkan permainan yang bagus. Para pemain menurutnya memiliki kecepatan dan agresivitas.

"Suporter Persis luar biasa. Semoga Persis bisa lebih baik lagi, " terangnya.

Susunan Pemain

Persis (4-3-3)
Muh.Sendri Johansah; Andre Eka Putra, Susanto, M. Alaik Sobrina, Dedy Tri Maulana; M. Shulton,Oky Derry Andryan, Irfan Afghoni; Hapidin, Tri Handoko, Nanang Asripin
Pelatih: Salahudin

Persib (4-4-2)
I Made Wirawan; Mario Jardel, Fabiano Beltrame, Zalnando, Abdul Aziz; Hen Hen Herdiana, Kim Jeffrey Kurniawan, Beckham Putra, Ghozali Muharam;
Beni Oktavianto, Zulham Zamrun
Pelatih: Robert Rene Alberts


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho