Persis Solo, PSS, PSIS Ikuti Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022

Akademi sepak bola Persis Solo masuk dalam tim atau akademi terbaik di Indonesia dan merepresentasikan wilayah di Tanah Air versi panitia penyelenggara Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022.

 Dari kiri ke kanan: M. Jaelani Saputra (Komite Pertandingan), Aji Jaya Bintara (Ketua Pelaksana), Fary Djemy Francis (Ketua Dewan Pengarah), Abdullah Azam (Sekjen Akademi Nusantara Bersatu) dalam konferensi pers Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 di Nusantara Polo Club, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/7/2022). (Antara/Muhammad Ramdan)

SOLOPOS.COM - Dari kiri ke kanan: M. Jaelani Saputra (Komite Pertandingan), Aji Jaya Bintara (Ketua Pelaksana), Fary Djemy Francis (Ketua Dewan Pengarah), Abdullah Azam (Sekjen Akademi Nusantara Bersatu) dalam konferensi pers Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 di Nusantara Polo Club, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/7/2022). (Antara/Muhammad Ramdan)

Solopos.com, BOGOR – Sebanyak 16 tim dari akademi sepak bola terbaik di Indonesia bakal bersaing dalam turnamen Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 di Nusantara Polo Club dan Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 16-31 Juli 2022.

Ketua Pelaksana Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022, Aji Jaya Bintara, mengatakan peserta yang tampil adalah tim atau akademi sepak bola terbaik di Indonesia dan merepresentasikan wilayah di Tanah Air.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

Pada edisi pertama, kata Aji, turnamen yang mempertandingkan kategori usia 16 tahun ini telah menyedot perhatian di mana lebih dari 70 akademi dari seluruh Indonesia ikut mendaftar Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022, namun setelah melalui riset terukur akhirnya terpilih 16 akademi.

“Pemilihan 16 akademi ini berdasarkan riset terukur dari prestasi tiga tahun terakhir. Kami pun mengundang delapan akademi dari tim Liga 1 dan delapan non-Liga 1 yang dikenal luas sebagai penghasil bakat-bakat sepak bola terbaik,” kata Aji dalam konferensi pers Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022 di Nusantara Polo Club, Cibinong, Bogor, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga: Lindungi Pemain Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Minta Ini pada Warganet

Mengenai kategori usia, lanjut Aji, usia 16 tahun adalah masa transisi dari pembinaan ke kompetisi. “Biasanya pada usia 17 tahun, atlet akan teken kontrak dengan tim profesional. Dari sisi pengembangan juga masih ada waktu untuk menuju standar internasional,” kata dia.

Ketua Dewan Pengarah Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022, Fary Djemy Francis, mengatakan 30-35 pemain terbaik akan mendapat beasiswa masuk Akademi Nusantara Bersatu.

“Akademi Nusantara Bersatu ini hadir atas inisiasi bapak Prabowo Subianto yang ingin melakukan pembinaan terhadap pesepak bola usia dini 16 tahun. Dengan begitu nantinya Indonesia memiliki talenta-talenta pesepak bola kelas dunia, sebab akademi ini nantinya akan dibuat berstandar internasional dengan hadirnya pelatih-pelatih Eropa,” kata Fary.

Baca Juga: Sejumlah Pemain Persis Solo Fokus Adaptasi Menjelang Liga 1 2022/2023

Sebanyak 30 sampai 35 pemain yang mendapat beasiswa dipilih berdasarkan rangkaian sistem terintegrasi. “Dan ini turnamen pertama yang menggunakan full big data analisis dalam menilai setiap pemain. Jadi pemain akan dinilai dari beberapa aspek, khususnya tiga aspek yakni mental, teknik, dan fisik,” kata Aji.

Ke-16 tim yang bersaing terbagi dalam empat grup. “Dua tim terbaik dari masing-masing grup akan masuk ke babak delapan besar dengan format setengah kompetisi. Kemudian mereka kembali bersaing dengan dibagi dua grup. Lalu empat tim akan bersaing di semifinal dan berlanjut ke final,” kata Komite Pertandingan Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022, M. Jaelani Saputra.

Berikut ini tim peserta dan grup Nusantara Open Piala Prabowo Subianto 2022:
GRUP
Persis Solo
PSLS Lhokseumawe
PSIS Semarang
Tiga Naga FC

GRUP B
PSM Makassar
PSA Ambon
PSS Sleman
Asifa

GRUP C
Persib Bandung
Garuda Nusantara
Persipura
ASIOP

GRUP D
Borneo FC
Maluku Utara SLC
Persija Jakarta
Bintang Timur

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Lawan Vietnam di Final Piala AFF U-16, Indonesia Yakin di Top Performa

      Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berjanji mendatangkan orang tua seluruh pemain Timnas Indonesia U-16 untuk menyaksikan penampilan anak-anak mereka di final.

      Hadapi Barito Putera, Seto Berharap Mental PSS Sleman di Level Terbaik

      PSS Sleman berharap mental dan psikologi pemain berada di level terbaik saat menghadapi PS Barito Putera, Sabtu (13/8).

      Ingin Juara Piala AFF U-16, PSSI Hadirkan Orang Tua Pemain ke Stadion

      Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berjanji mendatangkan orang tua seluruh pemain Timnas Indonesia U-16 untuk menyaksikan penampilan anak-anak mereka di final.

      Gantikan Robert, Budiman Dampingi Persib Bandung Hadapi PSIS Semarang

      Manajemen Persib Bandung melalui Komisaris Umuh Muchtar telah sepakat menunjuk pelatih interim yakni Budiman yang selama ini menjadi asisten pelatih Robert.

      Soal Vietnam vs Thailand di Piala AFF U-19, PSSI Hormati Keputusan AFF

      Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan sampai saat ini Indonesia merupakan bagian dari ASEAN dan tetap menjadi anggota AFF.

      Prediksi Pelatih Indonesia dan Juru Taktik Myanmar Terbukti, Apa Itu?

      Indonesia lolos ke final Piala AFF U-16 setelah mengalahkan Myamnar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/2022) malam WIB.

      Jelang Final Piala AFF U-16: Ingat, Indonesia Pernah Kalahkan Vietnam

      Pelatih Timnas U-16 Indonesia, Bima Sakti, menyatakan banyak peluang yang didapat timnya tak bisa menjadi gol dan hal itu diharapkan tak terulang saat menghadapi Vietnam di final.

      Begini Strategi Bima Sakti Bongkar Parkir Bus Myanmar di Piala AFF U-16

      Bima Sakti menyebut Myanmar menerapkan strategi parkir bus di lini pertahanan mereka sehingga pemain Indonesia cukup kesulitan mencetak gol di babak pertama.

      Indonesia ke Final Piala AFF U-16 2022, Maguwoharjo “Banjir” Air Mata

      Coach Bima Sakti sampai terisak menahan tangis bahagianya. Demikian juga dengan anggota ofisial Timnas U-16 Indonesia.

      Audisi Umum Bulu Tangkis PB Djarum Digelar Lagi, Kini Hanya di Kudus

      Audisi umum PB Djarum hanya fokus pada kategori usia U-11 dan U-13 serta dilangsungkan hanya di Kudus, Jawa Tengah.

      Aksi Bonek Punguti Sampah Bikin Pelatih Persebaya Terenyuh

      Aji Santoso berkomitmen memberikan yang terbaik bagi suporter melalui prestasi yang ditorehkan Persebaya pada Liga 1 2022/2023.

      Bye 5 Ganda Indonesia di Drawing Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

      Lima ganda Indonesia mendapatkan bye dalam drawing Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 yaitu 4 ganda putra dan 1 ganda campuran.

      Thailand Akui Ada Kesalahan di Semifinal Piala AFF U-16 2022

      Pelatih Thailand sama sekali tidak khawatir dengan kondisi fisik pemainnya meski pertandingan perebutan tempat ketiga turnamen akan berlangsung pada Jumat (12/8/2022).

      Hasil Drawing Atlet Indonesia di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022

      Hasil drawing Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2022 atau BWF World Championships telah diketahui dan para unggulan diambil dari ranking yang dikeluarkan BWF pada 2 Agustus.

      Pemerintah Angkat 193 Atlet Berprestasi Jadi PNS

      Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengangkat 193 atlet Indonesia menjadi pegawai negeri sipil (PNS) formasi olahragawan berprestasi.

      Siap Hadapi Tantangan di Final AFF U-16, Ini Komentar Pelatih Vietnam

      Timnas U-16 Vietnam akan berupaya keras menampilkan permainan berkualitas tinggi dan determinasi yang bagus di partai puncak (final Piala AFF U-16 2022).