Persis Solo Masih Nunggak Gaji Pemain, APPI Desak Segera Bayar

APPI mengingatkan klub bakal menerima sanksi larangan mendafarkan pemain untuk tiga periode pendaftaran apabila tak kunjung melunasi kewajibannya.

 Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) ((Istimewa/APPI)

SOLOPOS.COM - Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) ((Istimewa/APPI)

Solopos.com, JAKARTA—Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) kembali mendesak Persis Solo dan lima klub Liga 2 lain segera membereskan tunggakan gaji mereka kepada para mantan pemain.

Hal itu menyusul ajang Liga 2 2021 segera bergulir pada 26 September 2021. APPI mengingatkan klub bakal menerima sanksi larangan mendafarkan pemain untuk tiga periode pendaftaran apabila tak kunjung melunasi kewajibannya.

Hal tersebut disampaikan APPI dalam pernyataan sikapnya, Rabu (22/9/2021). APPI menyebut 18 penggawa Persis musim 2020 masih menanti penyelesaian tunggakan gaji.

Baca Juga: Update Covid-19 Hari Ini: Kasus Positif 2.720, Jatim Masih Terbanyak

Informasi yang dihimpun Solopos.com, sejumlah mantan pemain yang tertunggak gajinya adalah Sansan Fauzi, Tri Handoko, Andre Putra, M. Isa, Iman Budi Hernandi, Rishadi Fauzi, Syahroni, Gufroni Al Maruf dan Alaik Sobrina. Ada pula Susanto, Nanang Asripin, Hapidin, Joko Susilo, Wildan Mauludin Achyar, Ali Budi Raharjo, Anis Mujiono dan Dedi Tri Maulana.

APPI sendiri menelusuri Persis masih belum menyelesaikan tunggakan gaji para pemainnya. APPI menyebut komitmen manajemen baru yang akan menyelesaikan perselisihan pemain dengan manajemen lama belum terealisasi.

Seorang perwakilan pemain Persis musim lalu berharap nasib para pemain tak dipingpong terus menerus. “Kami tahunya dulu bekerja di Persis Solo. Kami sudah menunaikan kewajiban, mohon hak kami segera dibayarkan. Kami juga ingin Persis lancar mengarungi liga musim ini,” ujar sang pemain yang enggan disebut namanya, saat berbincang dengan Solopos.com, Rabu.

Baca Juga: Pemkab Madiun Jamin Pendidikan dan Kesehatan Anak Yatim Piatu Korban Covid-19

 

Libatkan FIFA

APPI telah mengirimkan surat resmi kepada FIFPRO agar proses verifikasi tim Liga 2 berjalan transparan dan profesional. APPI juga berharap FIFA turut menindaklanjuti dan mengawal hal ini.

Menurut APPI, penyelesaian tunggakan gaji penting untuk melindungi hak pemain sekaligus menjaga marwah National Dispute Resolution Chamber (NDRC) Indonesia sebagai lembaga penyelesaian sengketa yang dibentuk FIFA.

NDRC sendiri telah memutuskan lima klub yakni PSPS Riau, Kalteng Putra, PSKC Cimahi, Persijap Jepara, dan Persekat Tegal masih menunggak gaji dan wajib melunasi tunggakannya. Total tunggakan kelima klub itu mencapai Rp2,4 miliar yang terbagi pada 49 pesepak bola.

Baca Juga: Jokowi Ingatkan Vaksinasi dan Prokes Jadi Kunci Pengendalian Covid-19

“APPI mengingatkan klub untuk dapat melunasi tunggakannya agar terhindar dari sanksi berupa larangan mendaftarkan pemain baru untuk tiga periode transfer. Jika ini terjadi, klub tersebut tidak dapat ikut kompetisi,” ujar Wakil Presiden APPI, Andritany Ardhiyasa.


Berita Terkait

Espos Premium

Berita Terkini

Ronaldo Lagi-Lagi Jadi Pahlawan MU

Manchester United memang patut berterima kasih kepada Cristiano Ronaldo. Pasalnya, pemain berpaspor Portugal itu kembali menjadi pahlawan kemenangan Setan Merah.

Duh! Anthony Ginting Mundur dari Denmark Open 2021, Ini Penyebabnya

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memutuskan untuk mundur dari kejuaraan Denmark Open 2021.

Hasil Lengkap Liga Champions: Chelsea Menang Telak, MU Nyaris Keok

Pertandingan ketiga Grup E hingga Grup H telah selesai pada Kamis (21/10/2021) dini hari WIB.

Kalahkan Barito Putera, PSIS Semarang Puncaki Klasemen Liga 1

PSIS Semarang menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1 musim 2021-2022 setelah mengalahkan Barito Putera di Stadion Manahan Solo.

Dua Pemain PSG Pati Dihukum Berat Komdis PSSI, Ini Pelanggarannya

Dua pemain PSG Pati mendapat hukuman dari Komisi Disiplin (Komdis PSSI) karena perilaku tak terpuji di lapangan.

Prediksi Skor & Susunan Pemain Barcelona vs Dynamo Kyiv

Liga Champions musim ini akan menyajikan laga Barcelona melawan Dynamo Kyiv di Grup E.

Prediksi Skor & Line Up MU vs Atalanta, Setan Merah Gagal Menang?

Manchester United akan mendapat tantangan dari wakil Italia, Atalanta, pada gameweek ketiga Grup F Liga Champions.

PSG Pati Juru Kunci, Atta Halilintar: Kini Setiap Laga Seperti Final!

PSG Pati atau yang juga dikenal dengan nama AHHA PS Pati kini menjadi juru kunci setelah kalah dari PSIM Jogja, Selasa (19/10/2021).

Gibran Nonton Bareng Atta Halilintar, Kaesang: Ahsyiap Mas Wali

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, diketahui ikut menonton secara langsung pertandingan PSG Pati melawan PSIM Jogja di Stadion Manahan Solo.

Moto GP di Mandalika, Bos Sepang Takut Penonton di Malaysia Berkurang

Sirkuit Sepang Malaysia menjadi salah satu venue Moto GP di Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir.

Persis Solo Tunjuk Misha Radovic Sebagai Direktur Teknik, Apa Tugasnya?

Persis Solo resmi menunjuk Misha Radovic sebagai Direktur Teknik, Selasa (19/10/2021). Penunjukkan itu merupakan komitmen manajemen membuat Persis Solo semakin profesional dan berprestasi.

Direktur Teknik Baru Persis Solo Ternyata Punya Lisensi UEFA

Persis Solo resmi menunjuk Misha Radovic sebagai Direktur Teknik, Selasa (19/10/2021). Ternyata, dia telah memiliki lisensi UEFA.

Solopos Diplomat Jogja Esport Arena Jaring Putra Daerah

Solopos Diplomat Jogja Esport Arena (SDJEA) bakal digelar pada pertengahan Desember 2021 mendatang.

Debut Buruk Joko Susilo Sebagai Pelatih PSG Pati

Joko Susilo menjalani debut yang tak bagus sebagai pelatih kepala PSG Pati atau yang dikenal juga dengan nama AHHA PS Pati.

Klasemen Grup C Liga 2: Persis Solo Pepet PSCS Cilacap, PSG Pati Buncit

PSCS Cilacap dan Persis Solo bersaing di papan atas Grup C Liga 2 Indonesia musim ini.

Hasil Liga Champions Dini Hari Tadi, Hujan Gol!

Grup A hingga Grup D telah menyelesaikan pertandingan ketiga mereka, Rabu (20/10/2021) dini hari WIB. Mayoritas pertandingan yang menghasilkan banyak gol.