Choirul Huda (istimewa)

Solopos.com, MANADO - Laga Persis Solo melawan Sulut United di Stadion Klabat Manado, Sabtu (28/9/2019) akan menjadi laga terakhir bagi Choirul Huda di kursi pelatih kepala Persis Solo. Posisinya segera digantikan mantan arsitek Persiba Balikpapan, Salahudin, untuk melakoni tiga tersisa demi mengejar target masuk babak delapan besar Liga 2 Indonesia 2019.

Perjalanan karir Choirul Huda di Persis memang mengalami pasang-surut. Ia mulanya datang ke Solo atas rekomendasi pelatih kepala Persis di awal musim ini, Agus Yuwono (AY). Saat AY menyatakan mundur dari posisinya seusai laga imbang kontra Martapura FC pada 14 Juli 2019, Choirul lantas ditunjuk sebagai karteker.

Kiprahnya begitu mentereng karena meraih sejumlah hasil positif di sisa laga putaran I Liga 2. Ia akhirnya ditunjuk sebagai pelatih kepala sesaat sebelum Derby Mataram, Jumat (16/9/2019). Ia berhasil mengantarkan Laskar Sambernyawa menuai kemenangan di laga derby dengan skor 2-1 dan menjadi pemuncak klasemen di akhir putaran I Liga 2.

Namun, memasuki putaran kedua, performa Persis turun drastis. Mereka gagal meraih kemenangan dalam sejumlah laga. Ugik Sugiyanto dkk. baru mencicipi manisnya kemenangan saat laga kandang melawan Persatu Tuban, Senin (23/9/2019).

Manajer Persis, Langgeng Jatmiko, membenarkan informasi adanya penggantian pelatih kepala Persis tersebut. Namun, ia mengatakan Choirul tidak akan dilepas melainkan tetap membantu di tim pelatih.

"Keinginan Pak VF [Vijaya Fitriyasa, investor baru Persis] tahun ini bisa ke Liga 1. Maka ada penambahan pelatih," terangnya melalui pesan Whatsapp kepada Solopos.com, Kamis (26/9/2019).

Ia mengatakan, Choirul masih memimpin tim pada laga kontra Sulut United. Setelahnya, Salahudin, akan segera resmi berada di posisi pelatih kepala. "Coach Choirul masih mendampingi Coach Salahudin," katanya.

Sementara itu, Choirul Huda, mengatakan dirinya akan kembali ke pos awalnya, asisten pelatih. Namun, ia masih ingin memberikan yang terbaik bagi tim tersebut pada laga kontra Sulut United. "Lawan Sulut, saya masih pelatih kepala. Tapi saya minta Coach Salahudin membantu memberikan masukan," terangnya kepada Solopos.com.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten