Persis Solo Deg-degan Menanti Undian Liga 2
Pemain Persis Solo, Syah Roni (kanan), meluapkan kegembiraan bersama rekan timnya seusai mencetak gol ke gawang Semen Padang dalam pertandingan persahabatan di Stadion Manahan, Solo, Kamis (5/3/2020). Solopos/M. Ferri Setiawan)

Solopos.com, SOLO — Peluang Persis Solo untuk promosi ke Liga 1 musim depan bakal mulai tergambar sebentar lagi. Pada Rabu (19/8/2020), PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar undian pembagian grup serta penentuan venue untuk lanjutan Liga 2 2020.

Laskar Sambernyawa sangat berkepentingan dalam agenda tersebut karena turut mencalonkan diri sebagai tuan rumah babak penyisihan Liga 2. Persis menjadi satu dari enam klub yang mengajukan markasnya sebagai venue home tournament Liga 2.

PT LIB akan menunjuk empat klub sebagai tuan rumah dalam undian yang rencananya digelar saat virtual meeting, Rabu pukul 10.00 WIB. Di atas kertas, para tuan rumah tentu punya peluang lebih besar untuk lolos ke babak selanjutnya.

Tak Kuat Hirup Bau Limbah PT RUM, Warga Nguter Sukoharjo Pukul Kentungan Tanda Bahaya!

Apalagi PT LIB disebut telah memastikan tuan rumah bakal bermain di stadionnya sendiri di babak penyisihan. Sebelumnya PT LIB menyatakan klub tuan rumah tak otomatis main di markasnya karena penentuan grup dan venue masih akan diundi.

“Dari komunikasi terakhir kami dengan PT LIB, kami optimistis bisa main di Stadion Manahan apabila kandang kami terpilih menjadi salah satu venue babak penyisihan,” ujar Manajer Persis, Hari Purnomo, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (18/8/2020).

Deg-Degan

Meski demikian, pihaknya mengaku masih deg-degan karena penentuan venue Liga 2 bakal dilakukan dengan undian. Padahal dari segi fasilitas, Stadion Manahan diklaim yang terbaik jika dibandingkan markas lima klub lain yang turut mengajukan sebagai tuan rumah yakni PSCS Cilacap, Badak Lampung, PSMS Medan, PSPS Riau dan Sulut United.

Stadion Manahan, imbuh Hari, juga akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. “Kalau dari kualitas sebenarnya markas kami nomor satu. Namun ini kan diundi, jadi ada peluang tidak terpilih,” kata dia.

Begini, Inspirasi Desain Interior dari Warna Hitam Putih

Hari masih berharap PT LIB kembali pada regulasi awal yakni menunjuk dua stadion di Pulau Jawa untuk menjadi tuan rumah home tournament. Jika itu dilakukan, Stadion Manahan dan Stadion Wijayakusuma, Cilacap, otomatis akan menjadi venue babak penyisihan. Adapun dua venue sisa dipilih dari stadion di luar Jawa.

“Regulasi awalnya kan di Jawa ada dua venue, lalu berubah jadi undian murni. Kami mendorong PT LIB kembali pada kebijakan awal.”

Selain undian venue, virtual meeting pada Rabu akan menggelar undian pembagian grup. Sebanyak 24 kontestan akan dibagi menjadi empat grup. Dua tim teratas di tiap grup akan lolos ke babak delapan besar. Kompetisi akan digelar mulai 17 Oktober hingga 5 Desember 2020.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom