SOLOPOS.COM - Pemain Persis melakukan latihan di stadion Sriwedari, Selasa (10/5). Persis akan berlaga melawan Persika Karawang pada Minggu (22/5) di Karawang dalam Indonesia Soccer Championship. (JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

Persis Solo diterpa badai cedera.

Solopos.com, SOLO — Persis Solo dihadapkan pada kondisi tim yang compang-camping jelang pertandingan tandang ke markas Persibas Banyumas dalam lanjutan ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016 di Stadion Satria, Banyumas, Minggu (17/7/2016). Banyaknya pemain yang cedera membikin pelatih Widyantoro harus melakukan rotasi pemain untuk menyiasati kekurangan ini.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Laskar Sambernyawa, julukan Persis Solo, hanya punya 15 pemain yang berada dalam kondisi fit. Sedangkan sebanyak enam penggawa harus menepi dengan cedera yang beragam. Termasuk sang kiper utama Aji Saka. Padahal Persis butuh menang demi menjaga asa untuk bisa lolos dari fase grup ISC B 2016.

“Rotasi pemain yang paling memungkinkan. Kami juga akan menyiapkan alternatif lain karena keterbatasan pemain yang fit,” papar Widyantoro, kepada wartawan, Rabu (13/7/2016).

Dalam waktu yang sangat sempit ini tak mungkin para pemain digeber soal fisik. Alhasil, tim pelatih bergerak cepat dengan mematangkan strategi guna menghadapi lawan di partai tandang tersebut. Setelah melakoni lima partai, Laskar Sambernyawa baru sekali menang, dua kali main seri, dan dua kali kalah. Hasil ini membikin Persis berada di peringkat keenam klasemen sementara atau hanya satu peringkat di atas Persibas yang menjadi juru kunci Grup III.

Aji Saka cedera bahu saat laga uji coba kontra Persik Kediri, akhir Juni lalu. Dua striker Roby Fajar (lutut) dan Giannini Lestaluhu (kepala) jauh dari kata sehat. Gelandang serang Andrid Wibawa dan gelandang bertahan Tri Rahmad juga harus berjuang untuk penyembuhan cedera lutut. Terbaru, winger Bayu Nugroho mengalami kecelakaan yang berujung dislokasi bahu.

Di pos kiper mau tak mau Persis mesti mengandalkan Afif Bayu. Penjaga gawang jebolan tim Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Solo 2013 itu hanya tampil di beberapa laga uji coba. Meskipun begitu, performa Afif begitu apik dalam latih tanding lawan Persik Kediri, beberapa waktu lalu.

“Saya siap kalau memang harus main. Saya akan menggunakan kepercayaan itu untuk menjaga gawang Persis sebaik-baiknya dalam partai tandang nanti,” jelas Afif.

Kini hanya sebanyak 15 pemain yang berada dalam keadaan fit. Di posisi kiper ada Afif Bayu. Di barisan bek, yakni Akbar Riansyah, Qoiron Sandy, Fernando Pongajow, Rohmat Sabani, Yudi Khoerudin, Risman Maidullah, dan Taji Prasethio. Lini tengah menyisakan Dedi Cahyono, Windu Wibowo, Catur Pamungkas, Agung Budi, Tinton Suharto. Sedangkan lini depan hanya tinggal Yanuar Ruspuspito, dan Andri Aryanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya