SOLOPOS.COM - Pemain Persis Gotong Royong Ronaldo Rubener Wanma (tengah) dengan rekanya melakukan selebrasi usai mencetak gol kedua ke gawang PSISra, Sragen dalam laga Liga 3 PSSI di stadion Manahan, Solo, Senin (14/7/2017). (Sunaryo HB/JIBI/Solopos)

Liga 3 diikuti oleh Persis Gotong Royong.

Solopos.com, SOLO — Persis Gotong Royong (GR) langsung lolos ke putaran nasional Liga 3. Kelolosan Riky Junian dkk. ke babak nasional bisa dibilang cukup mengejutkan. Sebab sebelumnya Persis GR dinyatakan harus melalui babak play-off terlebih dulu untuk memperebutkan jatah ke babak nasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jatah play-off bagi Persis GR ini pun sempat dipertanyakan karena zona Jateng sejatinya hanya mendapat kuota satu tiket ke babak 32 besar nasional. Kuota itu telah diamankan Persik Kendal sebagai juara zona Jateng.

Pelatih Persis GR, Eduard “Edu” Tjong, membenarkan timnya bakal bertarung di babak nasional di Jepara. Pihaknya terus menggeber persiapan untuk lolos dari fase grup babak nasional. Hanya ada dua tim yang akan melaju ke babak 16 besar.

“Untuk taktik dan strategi sudah tidak ada masalah, sekarang yang kami tekankan mental dan karakter. Di fase ini mental bertandinglah yang terpenting,” ujar Edu saat dihubungi Solopos.com, Rabu (15/11).

Sebanyak 32 tim di babak nasional akan memperebutkan tiga tiket promosi ke Liga 2. Di fase tersebut, Persis GR tergabung di Grup H bersama PS Bangka Selection, Blitar United dan juara play-off grup VIII (antara PS Bintang Kranggan, Persimura Musi Rawas, PS Keluarga Usu Medan). Mereka akan bertanding pada 3-17 Desember 2017 di Stadion Gelora Bumi Kartini.

Eks Pelatih Timnas U-19 ini mengaku buta dengan lawan-lawan yang bakal dihadapi di babak nasional. Namun Edu menilai kekuatan para kompetitor tak jauh beda dengan timnya. Edu memilih fokus pada tim sendiri dengan menggiatkan latihan dan uji coba pada dua pekan ke depan.

Setelah menekuk tim Universitas Tunas Pembangunan (UTP) 3-0 pekan lalu, Marselino Waroy dkk. akan menjajal juara Liga 3 zona Kalimantan Tengah, Persegumas Gunung Mas, di Salatiga, Kamis (16/11/2017). “Kami akan menggelar uji coba lagi hari Sabtu [18/11/2017], tapi lawan belum ditentukan,” kata Edu.

Sang pelatih juga masih berambisi menambah pemain di sektor gelandang serang, striker dan bek tengah. Perekrutan lima pemain baru bulan lalu agaknya belum memuaskan Edu. “Striker anyar seperti Wiga dan Lambe cenderung menurun, tidak seperti saat seleksi dulu. Sekarang kami ingin mencari pemain yang siap pakai,” ujarnya.

Di sisi lain, Persis GR menargetkan bisa lolos ke Liga 2 musim depan. Dengan demikian, potensi duel tim sekota pun terbuka. Pasalnya, Persis Solo dipastikan gagal promosi ke Liga 1 dan akan tetap bermain di Liga 2 musim depan.

Pemilik Persis GR, Setyo Joko Santoso, mengatakan siap mendukung tim untuk promosi ke Liga 2. “Persiapan terus digeber setelah kami dinyatakan lolos,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya