SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

Harianjogja.com, JAYAPURA—Persiba Bantul memang punya motivasi tinggi karena berhasil menahan imbang Perseru Serui beberapa hari lalu. Namun, semangat besar itu belum cukup untuk mencuri poin dari Persipura Jayapura saat kedua tim bertemu dalam lanjutan Indonesia Super League (ISL) 2014 di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (22/5/2014).

Perbedaan kualitas materi pemain membuat Persiba keteteran di hadapan Persipura Jayapura. Kesalahan dua bek tengah menjadi biang kekalahan. Laskar Sultan Agung kalah 0-2 gara-gara gol Ricky Kayame dan Boaz Solossa. Laga baru berjalan 10 menit, kiper Wahyu Tri Nugroho sudah dua kali memungut bola dari gawangnya.

Promosi Piala Dunia 2026 dan Memori Indah Hindia Belanda

Di menit keenam, striker tuan rumah Ricky Kayame berhasil membuka skor. Berawal dari kesalahan Slamet Widodo mengantisipasi bola, striker bernomor punggung 18 itu berhasil mencuri bola sekaligus menjebol gawang Persiba. Memasuki menit 10, giliran bek anyar Persiba George Oyedepo melakukan kesalahan. Bek asing asal Nigeria itu melakukan backpass ke arah Wahyu Tri Nugroho. Belum juga bola sampai di kaki Wahyu, Boaz Solossa menyerobot duluan. Striker Timnas Indonesia tersebut langsung menggandakan keunggulan tuan rumah.

“Dua gol di menit awal itu murni kesalahan pemain kami sendiri. Beruntung pemain kembali fokus,” ujar Asisten Pelatih Persiba Bantul Didik Listiyantoro kepada Harianjogja.com melalui ponsel seusai laga.

Masuknya Rian Wahyu di menit 30 menggantikan Johan Manaji sebenarnya membuat permainan Persiba kian hidup. Setidaknya di awal babak kedua, barisan depan Persiba yang dikomandani Emile Mbamba sempat beberapa mengancam gawang tuan rumah yang dikawal kiper asal Korea Selatan Yoo Jae-hoon. Di menit 59, Mbamba yang berhasil melewati Bio Paulin. Sayangnya, tendangan keras striker asal Kamerun itu digagalkan kiper Yoo Jae-hoon yang tampil gemilang.

“Sebenarnya kami bukan tak mampu mengimbangi permainan mereka [Persipura]. Tetapi kami sepertinya bermasalah pada penyelesaian akhir. Buktinya di babak pertama kami justru unggul penguasaan bola,” ucap Didik lagi.

Dengan tambahan tiga poin, Persipura kembali mengkudeta puncak klasemen dari tangan Mitra Kukar. Sebaliknya, posisi Persiba kian terbenam di dasar klasemen dengan torehan enam poin dari 11 laga. Selanjutnya, Persiba akan menjamu Persepam Madura United di Stadion Sultan Agung pada Rabu (28/5/2014) mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya