SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Upaya manajemen Persiba untuk menggalang sponsor pendanaan kompetisi mendatang gencar dilakukan. Manajer Persiba, Idham Samawi  saat ini sedang berada di Jakarta untuk melanjutkan proses negosiasi dengan beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Saat dihubungi Harian Jogja, Kamis (14/7), Idham menjelaskan manajemen akan memprioritaskan  beberapa BUMN yang saat ini menunjukkan ketertarikannya untuk  menjadi sponsor tim Laskar Sultan Agung (julukan Persiba) di kompetisi Indonesian Super League (ISL) musim  mendatang. Alasan tersebut didasarkan karena perttimbangan kebutuhan dana yang harus diperoleh tim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk menjalani kompetisi dengan target lolos empat besar, juara Divisi Utama musim 2010-2011 itu harus mampu memperoleh dana sekitar Rp14 miliar – Rp15 miliar. Belum lagi jika manajemen menargetkan juara, meski berat. Tim harus mampu mengalokasikan dana sampai nominal Rp20 miliar.

“Dana sebesar itu dari mana kami dapat? Karena dana APBD sudah tidak memungkinkan lagi. Maka kita prioritaskan untuk BUMN yang mempunyai skala pembiayaan yang besar, kalau hanya BUMD saja saya merasa belum bisa mencakup semua,” ujarnya. 

Pertimbangannya, lanjut Idham  untuk melakukan kompetisi di ISL, tim memang perlu dana yang besar. “Tentunya kami kan tidak ingin cuma sekadar numpang lewat saja,” katanya.
 
Lebih lanjut Idham menuturkan bahwa tidak ada kemungkinan untuk tidak menerima tawaran sponsor dari BUMD.  Tapi hal itu baru akan jadi alternatif yang kedua misalkan pendanaan dari sponsor BUMN belum mencukupi untuk kebutuhan dana yang diperlukan tim. Dikatakannya saat ini sudah ada banyak yang sudah mulai tertarik untuk bekerja sama dengan Persiba.

Namun pihak manajemen hanya akan melakukan negosiasi lanjutan dengan beberapa di antaranya yang diyakini memiliki keseriusan dan komitmen yang penuh. Selai tentunya memiliki skala pendanaan yang cukup besar.

Mengenai siapa dan apa BUMN yang sedang dinego pihak manajemen, ia masih enggan memberikan keterangan. “Semua yang telah kita seleksi akan kita jajaki lebih lanjut, semoga saja kepastiannya cepat selesai dalam waktu dekat,” lanjutnya.

Sambil melakukan penjajakan terhadap sponsor, selama di Jakarta ia juga akan berusaha mencari pandangan ke perusahaan asing yang memang dari awal sangat diinginkan, namun sampai sejauh ini belum didapati. Diharapkan agar pekan depan semuanya sudah clear, sehingga turut memperlancar pertemuan intern tim yang akan berlangsung pekan depan.(Harian Jogja/Arif Wahyu)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya